Mohon tunggu...
Aziza Ayu Hikmawati
Aziza Ayu Hikmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa th.2020/2021 PIAUD
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Motivasi Belajar

7 Oktober 2020   21:05 Diperbarui: 7 Oktober 2020   21:09 27 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Motivasi Belajar
Motivasi belajar (nerdulsion.com)

Dalam kegiatan belajar itu pasti memerlukan yang namanya motivasi belajar yang dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri kita yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar tersebut. 

Motivasi ini akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan yang ada pada diri manusia. Tanpa adanya motivasi atau dorongan usaha seseorang tidak akan mendapatkan hasil yang baik, begitu juga sebaliknya. 

Demikian juga dalam mencapai hal belajar, belajar akan lebih baik jika selalu disertai dengan motivasi yang sungguh-sungguh. Maka tidak heran apabila ada seseorang yang mampu mencapai prestasi sesuai yang diinginkan.

Apa sih motivasi itu?

Motivasi, adalah sebuah dorongan, hasrat ataupun minat yang begitu besar di dalam diri untuk mencapai suatu keinginan, cita-cita  dan tujuan tertentu. Adanya motivasi akan membuat individu berusaha sekuat tenaga untuk mencapai yang diinginkannya.

Dari pengertian motivasi diatas dapat kita simpulkan bahwa motivasi ini merupakan suatu proses perubahan tenaga dalam diri individu yang memberikan kekuatan baginya untuk bertingkah laku (dengan giat belajar) dalam usaha mencapai tujuan belajarnya. Dalam proses belajar mengajar, motivasi  juga mempunyai tujuan dan fungsi yang sangat penting yaitu:

1. Menentukan arah langkah

Motivasi ini dapat membentuk kita dalam menentukan langkah dalam hidup. Baik seperti cita-cita yang akan dicapai, prestasi yang akan didapatkan maupun segala hal yang kita inginkan.

2. Menentukan keputusan tindakan 

Saat kita menjalani kehidupan, tentu akan banyak tindakan-tindakan yang diambil, baik yang beresiko kecil hingga besar. Tujuan dan motivasi itu sendiri adalah untuk menentukan setiap tindakan yang diambil.

3. Menyeleksi perbuatan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x