Mohon tunggu...
Azis Ramadhani
Azis Ramadhani Mohon Tunggu... Desainer - UHAMKA

Ramadani

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Saya Saat Belajar Filsafat

28 Januari 2021   15:20 Diperbarui: 28 Januari 2021   15:25 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  Halo semuanya perkenalkan nama saya Azis Nova Ramadhani, alhamdulillah dengan penuh rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. dengannya saya dapat mengikuti perkuliahan Pengantar Filsafat dan Logika. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu saya bapak Edi Setiawan yang telah memperkenalkan materi-materi filsafat serta arahan selama proses perkuliahan Pengantar Filsafat dan Logika.

  Kali pertama saya mengetahui tentang filsafat, ketika saya mendapatkan mata kuliah Pengantar Filsafat dan Logika pada semester satu. Di sini saya akan membahas pengalaman saya belajar filsafat untuk memenuhi tugas essay saya di mata kuliah Pengantar Filsafat dan Logika. Bukan hanya untuk memenuhi tugas saya saja, tetapi di sini saya juga dapat belajar bagaimana caranya membuat Blog, menulis artikel, serta dapat mempostingnya, semoga tulisan saya ini dapat tersampaikan dengan baik.

  Awal mula saya belajar Filsafat dan Logika ketika saya masuk di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka tepatnya disemester satu. Saat pertemuan pertama, saya benar-benar tidak tau sama sekali tentang filsafat itu sendiri. Pasti kita bertanya-tanya pada saat itu, Filsafat itu apa sih? Kenapa kita harus belajar filsafat? Seberapa penting belajar filsafat untuk mengembangkan ilmu ekonomi bisnis?

  Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang ilmu yang sudah saya dapat pada semester satu ini. Menurut etimologis, filsafat itu artinya cinta akan kebijaksanaan. Jadi, kalau seorang filsuf itu pecinta kebijaksanaan. Filsafat itu ibu dari segala ilmu, seperti yang kita ketahui ilmu berakar dari filsafat. Tidak akan tercipta ilmu-ilmu lainnya kalau tidak ada ilmu filsafat. Mengapa adanya ilmu ekonomi bisnis, karena terciptanya suatu persoalan, bagaimana kita menyelesaikannya itu maka balik lagi ke filsafat. Jadi, filsafat sendiri membahas persoalan yang ada, agar kita dapat berpikir kritis serta mampu bersikap logis dan rasional. Mungkin sedikit penjelasan dari saya, semoga dapat dimengerti apa yang telah saya sampaikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun