Mohon tunggu...
azas tigor nainggolan
azas tigor nainggolan Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Aktivis Perkotaan yang advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Selanjutnya

Tutup

Trip

KLA Project: Pulang ke Kotamu, ke Yogyakarta dengan Kereta Argo Dwipangga

25 Juli 2022   10:24 Diperbarui: 25 Juli 2022   12:53 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pulang ke Kotamu, Yogyakarta dengan kereta Argo Dwi Pangga.

Setelah dia tahun, pagi ini saya ke Yogyakarta dengan kereta Dwi Pangga dari stasiun Gambir. Ini juga perjalanan pertama saya menggunakan kereta jarak jauh setelah dua tahun Pandemi Covid 19. Sengaja saya memilih menggunakan kereta dan tidak pesawat terbang karena harga tiket selangit.

Sebenarnya panitia menyediakan saya fasilitas gunakan pesawat terbang tetapi saya pikir perjalanan dengan pesawat terbang lebih repot dan melelahkan. Juga saya pikir sayang biaya mahal yang harus ditanggung oleh panitia untuk tiket pesawat saya.

Selama di perjalanan dengan kereta juga saya masih memiliki waktu menyiapkan lebih baik materi yang akan saya presentasikan besok. Juga saya masih bisa baca-baca, memberi dan ikut acara kantor via zoom hari ini serta istirahat dengan nyaman. Pemandangan dalam perjalanan pagi seperti ini juga lebih bisa dinikmati.

Sementara kalo pergi dengan pesawat, pemandangan sepanjang perjalanan hanya awan saya dan total perjalanannya melelahkan. Jadi saya rasa untuk perjalanan jauh  di pulau Jawa masih lebih baik dan efisien  gunakan transportasi darat dan kereta.

Padahal tiba di Yogyakarta ya hanya beda beberapa jam saja, gunakan kereta lebih mudah - santai hanya ke stasiun Gambir, 15 menit saja dari rumah. Gunakan repot perjalanan ke bandara Soeta, harus berangkat pagi, setidaknya 3 jam sebelum jadwal  keberangkatan pesawatnya.

Tiba di Yogyakarta, bandaranya jauh sekali dari kota dan tempat acara saya. Gunakan kereta, tiba di stasiun Yogyakarta mungkin bisa naik becak atau ojek karena dekat saja ke tempat acara saya.

Astina, 25 Juli 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun