Mohon tunggu...
azarine charissarahma
azarine charissarahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UNDIP

mahasiswa kkn

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gerakan "Ayo Membaca" dengan Menyediakan Fasilitas Pojok Baca untuk Santri LPQ Nurul Falah

10 Agustus 2022   00:18 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:25 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ngaliyan, Semarang (28/07/22) -- saat ini, sudah jarang di temukan anak anak yang duduk di bangku sekolah membaca buku. Hal itu didukung oleh factor perkembangan teknologi yang di gemari oleh anak anak dengan melihat video video di youtube maupun media sosial lainnya. Karena membaca adalah kebiasaan yang harus di tanamkan sejak dini pada anak, hal ini didukung dengan kata bahwa membaca adalah jendela dunia. 

Dengan membaca, akan mendapatkan wawasan yang luas dan memiliki pemikiran positif. Selain itu, untuk memingkatkan minat baca di Negara Indonesia, karena saat ini di Negara Indonesia sendiri minat baca nya masih sangat rendah, Sehingga harus dibiasakan membaca sejak dini. Untuk membantu meningkatkan minat baca pada anak dibutuhkan fasilitas membaca baik dirumah,sekolah maupun di tempat lainnya.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP akan membuat pojok baca di salah satu LPQ Nurul Falah yang ada di Kelurahan Ngaliyan RW 11,dengan  berisikan anak anak mulai dari usia 5- 12 tahun yang sedang mengikuti pembelajaran mengaji di LPQ tersebut. Selain pembuatan pojok baca, Mahasiswa KKN juga mengadakan sosialisasi pentingnya membaca kepada para santri. 

Hal ini disetujui oleh kepala LPQ Nurul Falah sendiri karena dengan adanya pojok baca akan membuat para santri memiliki kegiatan positif dengan  membaca, jadi tidak hanya ilmu ilmu dasar saja yang dimiliki tetapi para santri juga dapat memiliki ilmu ilmu dibidang lainnya dari membaca buku sendiri. 

Dan dengan pojok baca sendiri menjadi langkah awal untuk LPQ Nurul Falah membuka perpustakaan kecil, yang di harapkan bisa meningkatkan dan membuat para santri lebih terbiasa membaca buku.

dokpri
dokpri

Pengerjaan pojok baca ini hanya dengan menyumbang 1 rak buku dan beberapa buku akademik maupun akademik, mengingat keterbatasan tempat yang ada di LPQ jadi para santri bisa membaca buku dengan di pinjam dan dibawa pulang melalui koordinasi pengurus LPQ. Untuk pengadaan buku buku untuk pojok baca berasal dari banyak pihak seperti donator dan teman teman. 

Buku buku yang disajikan pun juga dari berbagai macam tema dan tingkat kemampuan membaca santri yang sedang paud tersedia buku berhitung dan mewarnai. Untuk santri yang ada di sekolah dasar bisa membaca dongeng, perilaku sikap baik, cerita nusantara, cerita nabi nabi dan buku buku penunjang kegiatan untuk pembelajaran di sekolah.

dokpri
dokpri

Pembuatan pojok baca ini mendapatkan respon positif dan antusias dari pada santri di LPQ Nurul. Harapannya dengan adanya pojok baca ini sendiri, minat baca para santri semakin meningkat, selain itu semakin banyak pihak yang membantu dalam menyedia buku untuk para santri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan