Azam Putra Lewokeda
Azam Putra Lewokeda Guru Pelosok

Guru Madrasah Adonara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Lensa USBN MTs Negeri 4 Flores Timur

19 April 2019   23:54 Diperbarui: 20 April 2019   00:03 21 2 1
Lensa USBN MTs Negeri 4 Flores Timur
dokpri

Pasca Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) yang di gelar akhir Maret lalu, seluruh civitas akademika MTsN 4 Flores Timur mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang terjadi sejak tanggal 8 hingga 11 Maret 2019. USBN kali ini tidak memakai computer-based test (CBT), namun dilaksanakan secara manual dan serentak menggunakan kertas pencil.

MTsN 4 Flotim merupakan salah satu penyelenggara USBN di tingkat kabupaten Flores Timur. Sistem kepengawasan dilakukan secara silang murni atas pembagian dari wadah Kelompok Kerja Sekolah Korwil 2 Adonara yang mencakup  6 (enam) sekolah yakni SMPN 2 Adonara Timur, SMPN Satap Riangduli, SMPN Palugodam, SMPK 1912 Watoone, SMPS Lewolema, SMPS Awas Hinga dan 2 (dua) madrasah antara lain MTSN 4 Flores Timur dan MTs Nurul Falah Horowura yang tersebar di wilayah kecamatan Witihama dan Kelubagolit.  

dokpri
dokpri
Mengawali hari pertama pelaksanaan USBN Senin 8/3/2019, dilaksanakan upacara bendera yang di koordinir oleh pengurus OSIM dirangkai penyematan tanda peserta ujian dan pengawas serta penyerahan naskah soal secara simbolik oleh Kepala Madrasah Karim Kopong Keda kepada salah satu wakil pengawas ruangan.

dokpri
dokpri
Dalam sambutannya Karim Keda menyampaikan ada lima point penting yang menjadi indikator peneguhan dan penguatan bagi 67 peserta USBN di madrasah ini antara lain; pertama, menggalang semangat meraih prestasi tinggi, dimana MTsN 4 Flotim telah memperkuat fondasi guna pendidikan masa depan generasi, dan  saatnya bersama seluruh warga madrasah berlari penuh semangat, menghadang angin terbangkan harapan dalam meraih prestasi serta keberhasilan setinggi awan di langit, dan ini telah dilakukan di madrasah bersama para pendidik.

Kedua, giat berlatih menempa diri, siapkan stamina dan mental serta ilmu menjadi sang juara dimanapun berada, dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk terus belajar dan menempah potensi diri yang telah di jalankan selama kurun waktu 3 (tiga) tahun. Ketangguhan dan mental juara merupakan kunci keberhasilan meraih cita dan asa.

Ketiga, kuatkan mental dan bangkit mengasah keberanian untuk menghadapi tantangan, dengan mencari strategi jitu guna menghadapi tantagan  dan mampu berupaya menemukan solusi yang handal dalam menyikapi segala persoalan yang terjadi,  berbekalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam menggapai bintang yang masih tertunda.

Keempat, terus berjuang dengan penuh semangat dan menjadi pemenang dalam meraih prestasi, yang lahir dari semangat bersikap kesatria dan patuh akan aturan untuk melewati medan perjuangan menuju kemenangan sejati.

Kelima, kerahkan upaya sepenuh daya untuk menjadi yang terdepan, dalam usaha mencapai tujuan dan memenangkan persaingan serta jadikan madrasah ini menjadi madrasah terdepan dimanapun berada. 

Dok.Azam
Dok.Azam
Hari pertama Senin 8/04/2019  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn MTsN 4 Flotim mendapat kunjungan dari   KAPOSPOL Witihama G.T.Donatus  Inguliman dan staf, serta Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Witihama Abdullah Dopeng Gedang.

Dalam pertemuan dengan kepala madrasah dan panitia ujian Donatus menyampaikan profisiat kepada pihak madrasah yang telah bekerja sama membangun kepercayaan masyarakat disekitarnya, untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses ujian berlangsung.

Banyak hal yang diperbincangkan juga seputar suasana lingkungan madrasah yang kondusif, serta riak kecil ekternal yang mengakibatkan keamanan dan ketertiban di madrasah ternodai.

Lebih lanjut Donatus mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meminimalisir bahkan menindak tegas ada oknum tertentu yang mencoba mencedrai madrasah dari sisi keamanan dan kenyamanan, tidak hanya selama proses ujian namun kegiatan rutinitas proses belajar mengajar di madrasah.

Donatus selaku Babinkamtibmas(Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) wilayah kecamatan Witihama yang bermarkas di polsek Adonara Desa Sagu Atu Matan, sangat respect terhadap laporan masyarakat terkait kondisi ricuh yang sering terjadi belakangan ini.

''Sebagai pelayan masyarakat, kami siap siaga selama 24 jam menerima laporan dari masyarakat maupun pihak madrasah terkait indikasi kegiatan oknum tertentu yang menggangu keamanan dan ketertiban khususnya di lembaga pendidikan. Pihak kami mengharapkan dukungan dari lembaga pendidikan agar bila terindikasi, segera melapor untuk ditindak lanjuti,''ujar Donatus

Karim Kopong Keda selaku kepala madrasah dalam tanggapannya, mengucapkan terimakasih atas niat baik pihak keamanan, yang peduli terhadap kondisi keamanan dan ketertiban di lembaga pendidikan yang akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik terkait sikap dan mentalitas peserta didik yang kurang apik di masyarakat.

Harapan civitas akademika semoga kerja sama yang terus dibangun bisa meminimalisir segala bentuk perkara yang mengganggu prose pendidikan di madrasah dan masyarakat pada umumnya,''pungkas Karim Keda.

Usai rehat sejenak di ruang kerja kepala madrasah sembari menikmati snack ringan, perbincangan di tutup saat Donatus berpamitan untuk melakukan monitoring USBN di sekolah sederajat di wilayah kecamatan  Witihama.

Memasuki hari kedua Mata Pelajaran Matematika Selasa 9/4/2019 Camat Witihama Laurensius Lebu Raya bersama staf Dhalia Dai Pain menyambagi madrasah dengan penuh suka cita. Lebu Raya tetap bangga akan eksitensi madrasah ini acap kali menjadi sorotan publik. 

dokpri
dokpri
'Sebagai pemerintah tentunya selalu mendukung upaya pencitraan madrasah ini ke ruang publik. Salah satu contoh madrasah ini telah terpilih menjadi madrasah literasi se kabupaten Flores Timur dan ini menjadi kebanggaan kita semua, terus dilestarikan dan dirawat semangat ini dalam upaya pengembangan madrasah menjadi model sekolah lain, ''ujar Lebu Raya yang juga pegiat literasi Flores Timur.

dokpri
dokpri
Hari kedua tak ketinggalan Pengawas Madrasah Malik Kadir bertandang di madrasah, setelah sebelumnya melakukan monitoring USBN di wilayah Solor. Harapan mantan kepala MTsN 1 Flores Timur agar pelaksanaan USBN dapat berjalan dengan lancar dan sukses dan selalu mengikuti aturan yang ada dalam Juknis USBN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2