Mohon tunggu...
MOH. MAHMUDI
MOH. MAHMUDI Mohon Tunggu... publikasi kegiatan pendidikan

terimah kasih telah mengikuti kami.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan

11 Mei 2021   15:14 Diperbarui: 11 Mei 2021   16:02 44 0 0 Mohon Tunggu...

pendidikan adalah suatu proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran atau pembelajaran. Tujuan Pendidikan sendiri yaitu untuk mencerdaskan manusia, serta menjadi geneasi yang unggul. pendidikan sendiri dibagi menjadi dua yaitu: Pendidikan Formal (sekolah umum) dan Pendidikan Non Formal (pondok pesantren).

Di daerah malang selatan terdapat sebuah yayasan yang bernama Yayasan Islam Gunung pandak yang menerapkan sistem pendidikan berbasis pesantren, yayasan ini mempunyai beberapa unit yaitu: TPQ dan MADIN, tujuan yayasan ini berdiri yakni membentuk sebuah pendidikan yang unggul serta menerapkan sistem ke pesantrenan di dalamnya.

TPQ (Taman Pendidikan Al qur an) merupakan unit pendidikan pertama dari yayasan islam gunung pandak yang berdiri pada tanggal 16 Desember 2020, metode yang dipakai yakni metode qur ani sidogiri yang merupakan metode cepat dalam belajar al qur an, keunggulan dari TPQ ini (lulus dari TPQ hafal juz 30). Kegiatan ekstra nya meliputi (Pondok Pesantren Shubuh, MTQ, Da'i, dan cipta baca puisi).

MADIN (Madrasah Diniyah Takmiliyah) adalah Unit pendidikan kedua dari yayasan islam gunung pandak yang memakai metode al miftah sidogiri, keunggulannya (bisa baca kitab kuning dalam waktu 6 bulan), pelajaran yang diajarkan yaitu: Nahwu dan shorof, ilmu fikih, ilmu hadist, dan ilmu aqidah  akhlaq, MADIN ini masih berjalan satu bulan, metode al miftah sidogiri memang metode cara baca kitab kuning secara cepat serta praktis dalam penyampaiannya.

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN