Mohon tunggu...
Sisca Ayu Febrianti
Sisca Ayu Febrianti Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Diponegoro

Sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Inspiratif! Mahasiswi UNDIP Bantu Anak-anak Mengenal Bahaya Covid-19 Melalui Game Edukasi

2 Februari 2021   10:00 Diperbarui: 3 Februari 2021   04:56 110 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inspiratif! Mahasiswi UNDIP Bantu Anak-anak Mengenal Bahaya Covid-19 Melalui Game Edukasi
Tampilan Game Edukasi Covid-19

Tembalang, Semarang (23/01/2021) KKN Tim 1 UNDIP Periode 2021 yang dilaksanakan 4 Januari hingga 16 Februari 2021. Saat terjadinya peristiwa pandemi Covid-19 mengharuskan KKN dilaksanakan di daerah masing-masing mahasiswa atau bisa disebut dengan KKN Pulang Kampung. KKN Pulang Kampung Tim 1 UNDIP 2021 bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Masa pandemi yang sudah berjalan hampir 11 bulan dan kini Kota Semarang menjadi daerah zona merah dengan jumlah kasus positif 27.176 seharusnya menjadi alarm untuk masyarakat agar lebih mawas diri dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Saat pandemi masyarakat diharuskan untuk membatasi diri beraktivitas di luar rumah, seperti yang dianjurkan oleh pemerintah dalam protokol kesehatan. Salah satu batasan aktivitas di luar rumah tersebut yaitu meliburkan kegiatan sekolah dan perihal tersebut juga berdampak pada kegiatan bermain anak-anak yang dibatasi. Maka dari itu, kebosanan pastinya menyerang kalangan pelajar terutama kalangan anak-anak.

Sisca Ayu Febrianti mahasiswi KKN TIM 1 Universitas Diponegoro periode 2021 yang dibimbing oleh bapak Heri Sugito, S.Si., M.Sc. melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Program kerja yang direncanakan yaitu "Pembuatan game edukasi Covid-19." Sasaran utama program kerja yaitu pelajar anak-anak di RT 02/RW 03 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Pembuatan game edukasi Covid-19 bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang bahaya Covid-19 serta memberikan semangat baru untuk anak-anak dalam menjalankan aktivitas dikala pandemi.

Anak-anak Sedang Bermain Game
Anak-anak Sedang Bermain Game

Game edukasi tersebut berisikan informasi terkait pandemi yaitu bahaya Covid-19 dan pengenalan mengenai alat-alat protokol kesehatan. Informasi yang disajikan secara menarik agar lebih mudah dipahami dan dapat diterima nalar anak-anak. Program kerja telah dilaksanakan dari tanggal 18 Januari - 23 Januari 2021 di RT 02/RW 03 Kelurahan Bulusan, Kota Semarang.

Pemberian Reward Kepada Anak-anak
Pemberian Reward Kepada Anak-anak

Anak-anak sangat antusias dalam bermain dan belajar mengenal bahaya Covid-19 serta lebih megenal mengenai protokol kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal agar anak-anak dapat menerapkan protokol kesehatan dengan lebih giat.

Penulis: Sisca Ayu Febrianti (Ilmu Komputer/ Informatika_Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing Lapangan: Heri Sugito, S.Si., M.Sc.

VIDEO PILIHAN