Mohon tunggu...
ayuputri
ayuputri Mohon Tunggu... Pelajar SMA

Sekolah Dian Harapan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ternyata Ideologi dan Pancasila Saja Masih Dapat Melunturkan Rasa Nasionalisme

26 Oktober 2020   16:11 Diperbarui: 26 Oktober 2020   16:24 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata Ideologi dan Pancasila Saja Masih Dapat Melunturkan Rasa Nasionalisme
jalandamai.org

Kalian tentunya pernah mendengar tentang globalisasi bukan? Ternyata globalisasi memiliki arti yang sangat luas lho! Globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi antara lapisan masyarakat, perusahaan, dan negara-negara di dunia sehingga saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan saling memengaruhi satu sama lain. Globalisasi ini juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang mempercepat terjadinya proses globalisasi tersebut, yaitu yang pertama adalah kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dengan adanya kemajuan teknologi, masyarakat akan lebih mudah untuk berinteraksi dan berkomunikasi, meskipun dengan jarak yang jauh dan tidak memakan waktu yang banyak. Tidak hanya kemajuan dalam alat komunikasi saja, tetapi dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemajuan transportasi juga semakin meningkat. 

Jika dilihat dan dibandingkan dengan zaman dahulu, manusia menggunakan alat transportasi seperti kuda, unta, dan sebagainya. Sekarang, manusia sudah tidak perlu menggunakan kuda ataupun unta sebagai alat transportasi karena sudah terdapat transportasi yang jauh lebih canggih dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat tujuan, seperti menggunakan mobil, motor, kereta, dan lain-lain. Kemudian, sistem ekonomi terbuka juga menjadi salah satu faktor yang mendorong terjadinya proses globalisasi dengan cepat. 

Sebab, dengan adanya sistem ekonomi terbuka, satu negara dengan negara yang lainnya akan dengan mudah bekerjasama dalam bidang ekonomi seperti meningkatkan kegiatan ekspor dan impor. Setelah adanya sistem ekonomi terbuka, terdapat perdagangan bebas yang terjalin antar negara, dimana negara yang menandatangani perjanjian bebas akan bebas untuk melakukan kegiatan perdagangan di negara anggota lain tanpa membutuhkan biaya yang banyak. 

Oleh sebab itu, proses globalisasi tentunya akan semakin meningkat. Faktor lain yang mempengaruhi percepatan proses globalisasi adalah liberalisasi sistem keuangan global karena setiap negara tentunya memiliki ketergantungan terhadap sistem keuangan global yang ada. 

Setelah itu, proses migrasi juga dapat mempercepat proses globalisasi karena banyaknya masyarakat yang saling berpindah dari satu negara ke negara yang lainnya dapat membuat masyarakat tersebut saling mengetahui budaya yang berbeda dalam negara. 

Sehingga, secara perlahan, masyarakat akan terbiasa dengan budaya negara lain dan meniru kebiasaan masyarakat dari negara lain. Dan yang terakhir, satu faktor yang tak kalah penting adalah adanya kerjasama atau hubungan antar negara. Tentunya dengan adanya hubungan kerjasama dengan negara lain, globalisasi akan semakin mudah untuk tersebar luas ke seluruh dunia.

dokpri
dokpri
IPTEK merupakan singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang artinya adalah ilmu dan informasi yang dapat menambahkan wawasan seseorang seputar teknologi yang dapat bermanfaat di dalam kehidupan. Pada era globalisasi, IPTEK mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam 3 bidang, yaitu transportasi, komunikasi, dan informasi. 

Pada tahun 1962, Indonesia mengalami perkembangan teknologi, yaitu berdirinya stasiun televisi TVRI yang merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia. Kemudian, pada tahun 1976, terdapat Satelit Palapa yang merupakan bukti dari usaha pemerintah untuk membangun sistem informasi. Saat ini, satelit tersebut dikelola oleh PT. Telkom Indonesia. 

Dengan zaman yang semakin berkembang, terdapat teknologi internet yang dapat mempermudah masyarakat untuk mencari sumber informasi, maupun untuk berkomunikasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x