Mohon tunggu...
Ayunindya Putri
Ayunindya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa suka baca Doain semoga cepet lulus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kelurahan Pondok Jaya Kota Depok Berdaya dengan Bank Sampah

13 Agustus 2022   01:05 Diperbarui: 13 Agustus 2022   01:15 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Kader Bank Sampah Kelurahan Pondok Jaya/Dokumentasi pribadi

Pondok Jaya, Depok (02/08/2022) - KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 menetapkan tema Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDGs, Program Anti Narkoba, dan Kesadaran terkait Stunting. Dalam rangka menunjang realisasi Sustainable Development Goals Tujuan 15 "Melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan), dan menghambat dan membalikkan degradasi tanah dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati." 

Hal ini berkaitan dengan permasalahan persampahan di Indonesia, dimana Indonesia sekarang mengalami "DARURAT TPA" dikarenakan banyak sampah domestik masyarakat yang dibuang langsung ke TPA atau Tempat Pemrosesan Akhir. Hal ini menyebabkan jumlah sampah yang masuk tidak seimbang dengan daya pengolahan sampah yang dapat dilakukan oleh TPA. Makadari itu, dibutuhkan adanya unit-unit pengelolaan serta pengolahan sampah tingkat masyarakat, agar dapat diakukan minimasi sampah sebelum sampah disalurkan ke TPA.

Kegiatan pengelolaan sampah di bank sampah/Dokumentasi pribadi
Kegiatan pengelolaan sampah di bank sampah/Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Wilayah Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok sudah memiliki banyak unit bank sampah sebagai bentuk upaya pengurangan sampah ke TPA yang dikelola oleh KSM atau Kelompok Swadaya Masyarakat. Namun pada beberapa bank sampah masih kekurangan sumber daya manusia dan metode yang digunakan masih konvensional, sehingga Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2021/2022 berinisiatif untuk bekerjasama dengan Bank Sampah Dahlia dan Bank Sampah Meranti yang ada di wilayah Permata Depok untuk ikut terjun langsung membantu proses pemilahan dan penimbangan sampah dari masyarakat serta membantu melakukan data entry jumlah sampah yang masuk dan keluar bank sampah dengan menggunakan media Microsoft Excell.

Melakukan data entry dengan menggunakan Microsoft Excell/Dokumentasi pribadi
Melakukan data entry dengan menggunakan Microsoft Excell/Dokumentasi pribadi

Pada hari sabtu dan minggu (02/08/2022-03/08/2022) Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2021/2022 ikut berkontribusi secara aktif untuk terjun langsung membantu KSM di Bank Sampah Dahlia dalam mengelola sampah yang disetorkan oleh masyarakat Sektor Pirus, Perumahan Permata Depok. Kegiatan ini terlaksana dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, bersama dengan 8 anggota KSM di daerah tersebut. Selain ikut berkontribusi langsung, Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2021/2022 juga melakukan data entry terkait jumlah dan jenis sampah yang disetorkan oleh masyarakat serta sampah yang disalurkan kepada bank sampah kecamatan, sehingga ada upaya modernisasi dari sistem pencatatan sampah dengan menerapkan prinsip paperless menggunakan media Microsoft Excell.

Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2021/2022 pun melakukan upaya penyuluhan kepada Karang Taruna Permata Depok untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan bank sampah untuk mengatasi permasalahan kurangnya sumber daya alam pada pelaksanaan bank sampah. Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Minggu (07/08/2022) yang dilajutkan dengan pembagian poster edukasi. " Sangat inspiratif, saya jadi tau bahwa ada unit bank sampah yang bisa buat sampah jadi cuan." Ujar salah satu anggota Karang Taruna.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan