Mohon tunggu...
Ayuni SandraPuspita
Ayuni SandraPuspita Mohon Tunggu... Mahasiswa

ilmu komunikasi'18

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Musim Hujan, Berkah atau Bencana bagi Pedagang Kaki Lima?

30 November 2020   15:11 Diperbarui: 30 November 2020   15:12 42 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musim Hujan, Berkah atau Bencana bagi Pedagang Kaki Lima?
foto: shutterstock

Tangerang, 29 november 2020 -- Melalui hujan, Allah SWT menurunkan rahmat-Nya kepada manusia. Rahmat Allah luas bentuknya, tak terukur nilai dan tak juga bisa dibandingkan dengan logika manusia. di penghujung akhir tahun, cuaca kota tangerang mulai memasuki musim hujan. Kondisi ini pun membuat suhu menjadi semakin dingin dan membuat para masyarakat enggan keluar rumah, ditambah lagi karena masa pandemi saat ini.

Karena kondisi tersebut membuat para pedagang kaki lima mulai kehilangan konsumennya, Ini memberikan pengaruh pada masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari kondisi cuaca, seperti penjual es. Karena saat cuaca sedang panas terutama pada musim kemarau, banyak masyarakat yang singgah untuk membeli es dagangannya tersebut.

Lantaran hujan, tak sedikit pengendara sepeda motor yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan yang terdapat atap untuk berteduh. Selain para pengendara yang berteduh, terdapat dua pedagang kaki lima. Yang satu adalah pedagang roti bakar, dan yang kedua adalah pedagang kopi asongan.

Melihat hujan belum berhenti, banyak dari para pengendara yang berdiri berjejalan menghindari hujan. Tak sedikit juga dari mereka yang mulai melirik-lirik dagangan kedua pedagang tadi.

Dari pengamatan singkat dan juga perbincangan hangat antara pengendara sepeda motor yang berteduh dengan para pedagang, setidaknya terdapat hikmah luas yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bahwa hujan yang merupakan rahmat dari Allah itu, juga menyelipkan nuansa rahmah (kasih sayang), syukur, dan juga teladan.

Hujan merupakan keberkahan, dan bentuk keberkahan bisa bermacam-macam manfaat. Allah SWT berfirman dalam Alquran surah Qaaf ayat ke-9 yang berbunyi: "Wa nazzalna mina-sama-i ma-an mubarakan,". Yang artinya: "Kami turunkan dari langit air yang memberkati (banyak manfaatnya)."

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x