Ayu GayatriSiswondo
Ayu GayatriSiswondo Wiraswasta

Kadang kerja, kadang jalan-jalan, kadang tidur-tiduran saja.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Mengapa WNI di Luar Negeri Pilih Jokowi?

16 April 2019   16:03 Diperbarui: 16 April 2019   16:31 199 1 0

Beberapa hasil Exil Poll Pemilu di Luar Negeri (LN) telah beredar dan memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf. Bahkan di beberapa negara hasilnya bisa mencapai diatas 80%. Nah, sebelum kita bahas ada baiknya kita ketahui dulu apa itu exit poll.

Exit poll adalah hasil wawancara kepada pemilih seusai melakukan pemilihan dari bilik suara. Sehingga targetnya adalah yang benar-benar memilih dan menggunakan hak pilihnya. Walaupun hasil exit poll ini tidak valid 100%, namun dapat menggambarkan hasil perolehan suara di suatu pemilihan.

WNI yang tersebar di banyak negara pun ikut merayakan pesta demokrasi yang sedang berlangsung. Lalu, mengapa ya mereka memilih Jokowi??

1. WNI di LN Cenderung Pluralis
Mereka yang tinggal di luar negeri, baik yang bekerja maupun menuntut ilmu, terbiasa hidup berdampingan dengan orang lain yang benar-benar berbeda. Tidak hanya berbeda bahasa, suku, agama, ras, tapi juga berbeda kebiasaan, kebudayaan, dan pemikiran. Hal itu membuat WNI yang berada di luar cenderung pluralis dan menghargai perbedaan. Sehingga dalam memilih pemimpin pun mereka akan memilih yang dapat menyatukan Indonesia yang masyarakatnya begitu plural.

2. Peduli dan Cinta pada Indonesia
Tinggal di luar negeri, hidup jauh dari tanah air bisa saja menjadikan mereka acuh pada Indonesia. Toh, mereka menghabiskan banyak waktunya di LN. Namun tidak demikian. Mereka rela berbondong-bondong memilih, bahkan ada yang harus menempuh perjalanan jauh demi bisa memilih. Di tempat pemilihan pun mereka harus mengantre panjang agar bisa memilih. Itu semua karena mereka peduli dan cinta tanah air, peduli pada nasib keluarga dan teman di Indonesia kedepannya. Bahkan pada nasib mereka sendiri.

3.  Kinerja Jokowi dirasakan oleh WNI di LN
Walaupun tidak melihat secara langsung bukti fisik kinerja Jokowi, namun mereka yang berada di LN tentu mengikuti perkembangannya melalui medsos dan cerita dari teman dan keluarga. Betapa dalam 4,5 tahun belakangan ini telah banyak kemajuan yang kita raih. Bukti ini menjadi sebuah kebanggan bagi mereka yang tinggal di LN. WNI di LN pun tentunya update dengan berita internasional dimana Indonesia dihormati dan disegani oleh banyak negara di berbagai forum internasional. Yang lebih penting lagi, mereka merasakan sendiri kinerja Jokowi yang terus melindungi dan menjamin hak-hak WNI di LN.

Apakah Jokowi sudah pasti menang?
Jelas belum! Perlu diketahui, jumlah WNI di LN hanya sekitar 2 juta orang, yaitu sekitar 1% dari total pemilih. Sehingga hasil exit poll ini tidak boleh membuat kita lengah. 17 April adalah penentuan, dimana giliran kita yang berpartisipasi dan memenangkan Jokowi-Ma'ruf.
 
WNI yang di LN saja begitu semangatnya memilih pemimpin tercintanya, so...kita yang hanya dengan berjalan kaki sudah sampai ke TPS tidak boleh bermalas-malasan dan menganggap Jokowi sudah menang.
Ayo, pagi-pagi ke TPS. Jangan lupa ajak teman, saudara, dan keluarga semua. Pastikan surat suaramu tidak rusak, dan coblos yang baju putih!

Setelah itu kamu bisa berlibur atau sekadar mencari diskon dan promo di berbagai gerai dengan menunjukkan kelingking ungu.
Selamat Memilih yang putih!