Mohon tunggu...
Ayu Fitmanda Wandira
Ayu Fitmanda Wandira Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNVY

Makhluk yang akan nolep jika tanpa sambatan :v

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta Usung Webinar Bertema Kesehatan Mental dan Pola Hidup Sehat

13 September 2020   16:46 Diperbarui: 13 September 2020   16:51 251 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta Usung Webinar Bertema Kesehatan Mental dan Pola Hidup Sehat
Foto bersama peserta webinar (Foto: Dokumentasi tim KKNT 73.6.B)

Setelah mengadakan webinar seminggu yang lalu, kelompok KKNT 73.6.B kembali mengadakan webinar pada Sabtu, 12 September 2020. Webinar yang dilaksanakan melalui media zoom dan streaming YouTube ini mengambil tema Edukasi Mental Health dan Pola Hidup Sehat di Era Pandemi Covid-19. Seperti sebelumnya, webinar kali ini pun juga diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah, bahkan hingga mencapai 547 partisipan.

Webinar yang dibagi dalam 2 sub-tema tersebut menghadirkan pemateri yang berpengalaman di bidangnya. Ada Gita Aulia Nurani,M.Psi seorang psikolog sekaligus pemateri Mental Health dan juga dr. Raissa Virgy Rianda yang menyampaikan materi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kami mengambil tema Mental Health mengingat bahwa masyarakat sekarang rentan dengan rasa takut, cemas, dan panik. Terlebih ketika banyaknya berita hoaks yang tersebar di masyarakat mengenai Covid-19," jelas Meilana Hasna Azizah, Koordinator Webinar.

Ia melanjutkan, apalagi anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah atau kebijakan Physical Distancing, Work From Home, dan Study From Home yang tidak jarang menimbulkan rasa stres pada masyarakat. Oleh karena itu, kelompok KKNT 73.6.B berinisiatif memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih bisa mengelola Mental Health di era Pandemi saat ini. Sementara itu, tema Pola Hidup Sehat bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu senantiasa menjaga kesehatan dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Bersih Sehat (GERMAS) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Menurut Tien Rumana selaku Wakil Koordinator, acara webinar tersebut berlangsung aman dan kondusif. Walaupun dilaksanakan lebih dari 2 jam, para peserta masih sangat antusias. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang terus berdatangan padahal sesi tanya jawab sudah ditutup. "Cukup banyak juga dari peserta yang meminta bahan materi webinar saat akhir acara," ungkapnya.

Pemaparan materi Mental Health (Foto: Dokumentasi tim KKNT 73.6.B)
Pemaparan materi Mental Health (Foto: Dokumentasi tim KKNT 73.6.B)

Dalam pemaparan materi Mental Health, pemateri menyampaikan tentang bagaimana pandemi dapat merusak mental health, dampak dari stres, bagaimana solusi-solusi dari permasalahan tersebut, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Mental Health. Pertanyaan dari peserta juga beragam, beberapa di antaranya ada yang menanyakan apakah stres bisa mengacu pada trauma, bagaimana cara mengatasi overthinking, depresi, atau rasa insecure saat pandemi, serta bagaimana cara mencegah dan mengatasi paranoid saat pandemi selain bertemu dengan psikolog.

Pemaparan materi Pola Hidup Sehat (Foto: Dokumentasi tim KKNT 73.6.B)
Pemaparan materi Pola Hidup Sehat (Foto: Dokumentasi tim KKNT 73.6.B)

Tak jauh berbeda dengan tema Mental Health, pemateri pola hidup sehat juga menyampaikan materi dengan sangat baik. dr. Raissa menjelaskan langkah-langkah dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Bersih Sehat (GERMAS) seperti jaga jarak, pakai masker, sediakan hand sanitizer, pola makan yang cukup dan berimbang (karbohidrat, lauk pauk, sayur dan buah sebisa mungkin ada), tidur yang cukup, aktivitas fisik yang cukup, mengurangi stres, dan lainnya.

Menurut Meilani, salah satu peserta webinar, materi yang disampaikan pada webinar sangat menarik. Dapat memberikan wawasan lebih untuknya dan semua peserta. Kedua pemateri pun juga memaparkan materinya dengan cukup jelas dan merespon pertanyaan-pertanyaan peserta dengan sangat baik. "Terimakasih untuk panitia KKNT 73.6.B yang telah mengadakan webinar yang sangat luar biasa ini," ungkap Mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x