Mohon tunggu...
Ayufaizah
Ayufaizah Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Aroma Karsa

22 Mei 2020   19:20 Diperbarui: 22 Mei 2020   19:19 3 0 0 Mohon Tunggu...

RESENSI NOVEL AROMA KARSA

Judul : Aroma Karsa
Jenis Cover : Soft Cover
Pengarang : Dee Lestari (Nama Pena) atau Dewi Lestari Simangunsong (Nama Lahir)
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2018
ISBN : 978-602-291-463-1
Tebal Buku : xiv + 710 Halaman; 20 cm
Harga Buku : Rp. 126.000

Dee Lestari mengawali karirnya sebagai penyanyi namun aktif pula dalam menulis Karya pertamanya yang sensasional diterbitkan pada tahun 2001. Supernova Satu : Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh ini bahkan mampu terjual hingga 12.000 eksemplar dalam tempo 35 hari. Dee Lestrai kemudian semakin terkenal sebagai novelis. 

Karya-karyanya bahkan beberapa telah diangkat ke layar kaca. Seperti Perahu Kertas, Filosofi Kopi dan Rectoverso. Dee Lestari akhirnya bisa menyelesaikan serial Supernova terakhirnya yang berjudul Intelegensia Embun Pagi. Waktu penggarapan dari serial Supernova tersebut memakan waktu hingga 15 tahun. 

Karya yang baru-baru ini dirilis adalah Aroma Karsa. Aroma Karsa merupakan karya keduabelasnya yang dirilis pada tahun 2018. Dee Lestari tentu saja memiliki gaya penulisannya sendiri. Dengan diksi yang kuat dan mampu menghipnotis pembaca. Dee Lestari mampu menyalurkan imajinasi tulisannya kepada pembaca. 

Dee lestari bahkan selalu berhasil membuat tokoh-tokoh dalam bukunya dengan karakter yang kuat sehingga pembaca selalu merasa terkesan tiap kali membaca karyanya. Tema tulisan yang ia garap pun tak main-main. Dee Lestari selalu berhasil mencampurkan berbagai genre cerita dalam satu buku. Tentunya dengan riset yang tidak main-main pula.

Sinopsis
Dari sebuah lontar kuno, Raras Prayagung mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia.

Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, mempertemukannya dengan Jati Wesi.

Jati memiliki penciuman luar biasa. Di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar, ia dijuluki si Hidung Tikus. Dari berbagai pekerjaan yang dilakoninya untuk bertahan hidup, satu yang paling Jati banggakan, yakni meracik parfum.

Kemampuan Jati memikat Raras. Bukan hanya mempekerjakan Jati di perusahaannya, Raras ikut mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Bertemulah Jati dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras, yang memiliki kemampuan serupa dengannya.

Semakin jauh Jati terlibat dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa, semakin banyak misteri yang ia temukan, tentang dirinya dan masa lalu yang tak pernah ia tahu.

Petualangan pencarian Puspa Karsa menjadi petualangan jati diri setelah Jati menyadari keterkaitannya dengan Purpa Karsa. Dan petualangan mistis pun dimulai di mana ia masuk ke dalam desa dwarapala. Desa dari dimensi lain yang membuatnya mengetahui jati dirinya sebagai Banaspati. 

Seorang penjaga Alas Kalingga. Sama halnya dengan Suma. Suma yang kala itu sudah jatuh cinta dengan Jati baru tahu jika dirinya adalah Malini salah satu titisan Puspa Karsa. Melawan Sanhyang Batara Karsa. Jati berhasil menolong Suma walaupun beberapa rekan ekspedisinya tewas.

Aroma karsa merupakan novel fiksi dengan perpaduan beberapa genre. Seperti Fantasi, petualangan dan misteri yang mengangkat tema aroma dan penciuman. Dalam novel ini yang menarik ada beberapa unsur cerita seperti petualangan, misteri, percintaan, keluarga, dan legenda kuno dari zaman Majapahit yang merupakan perpaduan antara imajinasi dan riset mendalam. Aroma Karsa mampu membawa pembaca ke dunia aroma yang luas dan menarik. 

Aroma Karsa dikemas sedemikian rupa dengan diksi yang menarik namun masih mampu ditangkap maknanya oleh pembaca. Pada awal bab saja, Aroma Karsa sudah mampu membuat pembaca terkesima. Ditambah karakter Jati Wesi yang sangat kuat. Pembaca seolah dibawa berimajinasi untuk memiliki penciuman yang tajam seperti Jati. Selain itu kisah Jawa kuno pada era Majapahit juga menarik perhatian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN