Mohon tunggu...
Ayudha
Ayudha Mohon Tunggu... Marketing Enthusiast

Ingin ini ingin itu, banyak sekali.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Daerah-daerah Penghasil Marmer di Indonesia

28 Februari 2020   08:00 Diperbarui: 28 Februari 2020   11:12 28 2 1 Mohon Tunggu...

Indonesia dijuluki sebagai surga karena sumber daya alam yang melimpah dan iklim yang bagus. Setiap daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam unggulannya. Seperti marmer, kayu, emas, hasil laut, dan lainnya. Beberapa produk unggulan Indonesia sudah diekspor ke luar negeri.

Marmer banyak digunakan untuk desain interior rumah dan bahan patung. Alasan dibuat menjadi bahan patung adalah karena batuan marmer termasuk batuan yang lunak. Daerah - daerah mana saja penghasil marmer di Indonesia?

1) Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan memiliki potensi yang besar sebagai tambang marmer di Indonesia. Tempat menambang di Sulawesi Selatan di antaranya Bone, Enkerang, Maros, dan Pangkep. Sudah ada perusahaan - perusahaan yang menggunakan marmer Sulawesi Selatan.

2) Aceh

Aceh dikenal dengan hasil tambangnya. Salah satu hasil tambang Aceh adalah batuan marmer. Pemerintah mendukunv pengembangan produksi marmer dengan cara mendirikan laboratorium Marmer dan Granit di Kampus Politeknik Aceh Selatan. Produksi batuan marmer di Aceh masih perlu dikembangkan.

3) Jawa Timur

Salah satu daerah di Jawa Timur merupakan daerah penghasil marmer terbaik di Indonesia. Daerah ini bernama Kabupaten Tulungagung. Sejak jaman Belanasa, Tulungagung sudah terkenal sebagai penghasil marmer di Indonesia. Kabupaten Tulungagung terkenal sebagai penghasil marmer terbaik hingga ke manca negara.

4) Jawa Barat

Selain Jawa Timur, Jawa Barat juga terkenal sebagai tempat penghasil marmer di Indonesia. Bahkan marmer dari Jawa Barat berhasil diekspor ke luar negeri, seperti ke Australia, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang. Permintaan marmer selalu meningkat setiap tahunnya karena banyaknya kebutuhan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x