Mohon tunggu...
Ayudha
Ayudha Mohon Tunggu... Marketing Enthusiast

Ingin ini ingin itu, banyak sekali.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Nge-pinjol Gembira Ria

2 Agustus 2019   17:35 Diperbarui: 2 Agustus 2019   17:39 0 8 6 Mohon Tunggu...
Nge-pinjol Gembira Ria
dokpri

"Kita, mau tidak mau akan menyerah juga pada teknologi," kalimat itu masih saya ingat, dikirim oleh seorang teman melalui pesan singkat menyambung obrolan kami semalam mengenai macam-macam gawai. Berdasarkan data Worldometers Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak 269 juta jiwa dengan pengguna smartphone yang terus mengalami peningkatan. Dari jumlah 65,2 juta pengguna pada tahun 2016 menjadi 92 juta pengguna pada tahun 2019 (Katadata).  Jumlah yang sangat besar tersebut sangat menggiurkan bagi jasa pinjaman online. 

Di antara pro dan kontra tentang pinjaman online karena akibatnya juga bermacam-macam,  yang menonjol adalah kisah pilu berpinjol, sebagai contoh tentang percobaan bunuh diri seorang perempuan berinsial L dikarenakan terjerat hutang fintech/pinjol (Cnn Indonesia), penyadapan HP oleh aplikasi pinjol (Detik), hingga teror oleh perusahaan fintech (Tirto). 

Banyak orang berani melakukan pinjaman online pada aplikasi pinjol legal maupun ilegal karena alasan kepepet hingga buntutnya gagal bayar karena pada saat meminjam tidak memperhitungkan kemampuan membayar kembali. Pemerintah melalui OJK sudah  mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggaran fintech peer to peer lending yang sudah terdaftar/berizin dari OJK. 

Memutuskan untuk meminjam online adalah sebuah keputusan pribadi yang sifatnya sangat subyektif.  Sehingga seharusnya peminjam sudah bisa memastikan bahwa ia punya kemampuan membayar kembali dan perlu diingat bahwa menjaga keamanan data pribadi kita adalah kewajiban kita sendiri. 

 Berikut beberapa tips aman pinjam uang di pinjol (Cermati):

1. Pilih Aplikasi Pinjaman Online Resmi Sebelum 'Download' (tentu saja yang sudah terdaftar di OJK ya!)

2. Pilih Fintech Pinjaman Online yang Bunganya Rendah

3. Catat Tanggal Jatuh Tempo saat Pinjaman Cair

4. Siapkan Uangnya Sejak Gajian Tiba

5. Jangan Membayar Lewat Tanggal Jatuh Tempo

Melihat karakter pinjol, ada Keadaan yang "boleh-boleh" saja menggunakan layanan pinjol misalnya: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2