Mohon tunggu...
Ayu Martaning Yogi A
Ayu Martaning Yogi A Mohon Tunggu... Just ordinary girl

Mahasiswi Pascasarjana UGM, Penggiat Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Kebaikan Madu untuk Menjaga Imun dan Merawat Iman di Bulan Ramadan

20 April 2021   23:45 Diperbarui: 21 April 2021   00:22 217 2 0 Mohon Tunggu...

Kesehatan adalah nikmat mahal, namun sering kali luput untuk kita syukuri. Sederhana saja, bila kita sedang sakit maka kita butuh mengeluarkan uang untuk periksa ke dokter, membeli obat, bahkan untuk biaya rawat inap atau tindakan medis tertentu, belum lagi ditambah biaya transport untuk ke sana kemari. Uang yang dikeluarkan untuk biaya pengobatan mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah, mahal bukan? Itulah mengapa, kita wajib bersyukur ketika kita diberi nikmat sehat.

Bentuk rasa syukur itu dapat kita lakukan dengan cara peduli dan senantiasa menjaga kesehatan, serta imun tubuh kita. Penerapan pola hidup sehat seperti cukup istirahat, olahraga, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Terlebih di Bulan Ramadan ini, imun tubuh perlu perhatian ekstra agar ibadah-ibadah Ramadan tetap maksimal. Sungguh sangat disayangkan bukan? Apabila Ibadah terhambat karena kita lalai menjaga imun tubuh.

Konsumsi "KOJIMA" dapat menjadi ikhtiar kita dalam menjaga imun tubuh pada Bulan Ramadan ini. Hanya dengan konsumsi satu produk, kita dapat memperoleh berbagai manfaat Hal ini karena "KOJIMA", madu dengan tiga kebaikan yaitu korma, jinten (habbatussauda), dan madu. Komponen yang terkandung dalam "KOJIMA" memiliki kebaikan dan manfaatnya masing-masing.

dok. by Kojima
dok. by Kojima
Korma

Korma atau kurma merupakan salah satu komponen yang terkandung dalam "KOJIMA." Kurma bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Senyawa fenolik dan karotenoid merupakan senyawa yang terkandung dalam buah kurma. Keduanya berperan dalam medukung sistem kekebalan tubuh. Hal itu karena efek antimikroba dan antioksidan yang terkandung dalam kedua senyawa tersebut.

Kurma juga berperan sebagai sumber energi, itulah alasan mengapa dianjurkan mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Kurma mengandung kadar B1, vitamin B2, dan niasin (B3) dengan kadar sedang, serta vitamin B6. Kandungan berbagai vitamin B yang terkandung dalam kurma membantu memenuhi kebutuhan harian vitamin B dalam tubuh kita. Energi dapat kita peroleh dari kandungan tersebut.


Jinten Hitam (Habbatussauda)

Kebaikan jinten hitam atau dikenal dengan habbatussauda juga terkandung dalam "KOJIMA." Jinten hitam memiliki banyak manfaat. Dua diantaranya adalah melawan infeksi dan mencegah kanker.

Seperti yang dilansir dari situs alodokter.com, jinten hitam memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa jinten hitam ini mampu melawan virus penyebab Hepatitis C, HIV, dan juga Flu. Selain itu, jinten hitam juga terlihat mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga dianggap mampu mencegah infeksi.

Jinten hitam juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Biji jinten hitam mengandung senyawa aktif yang bernama Thymoquinone. Senyawa ini digadang-gadang merupakan senyawa antikanker. Hal tersebut berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan dimana Thymoquinone berperan dalam mengurangi ukuran tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium juga membuktikan bahwa Thymoquinone dapat secara efektif menghambat pertumbuhan sel kanker.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN