Mohon tunggu...
Ayu Martaning Yogi A
Ayu Martaning Yogi A Mohon Tunggu... Just ordinary girl

Mahasiswi Pascasarjana UGM, Penggiat Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Digital

SiKasep: Wujudkan Hunian Impian melalui Satu Genggaman

30 Juni 2020   22:47 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:47 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SiKasep: Wujudkan Hunian Impian melalui Satu Genggaman
Sumber: ppdpp.id

Pandemi Covid-19 memaksa kita beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru. Kita dituntut untuk patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pembatasan kegiatan keluar rumah juga diberlakukan. Kegiatan keluar rumah biasanya dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan atau obat-obatan.

Perlu disadari bahwa kebutuhan pokok tidak hanya pangan. Papan atau hunian juga merupakan bagian kebutuhan pokok. Adanya pandemi Covid-19, juga membuat orang-orang yang berencana mencari rumah sedikit tertunda. Hal ini dilakukan demi mencegah kemungkinan tertularnya Covid-19.

Kini kita tak perlu khawatir, inovasi teknologi digital telah merambah pada berbagai bidang dan semakin memberi banyak kemudahan. Urusan mencari rumah juga dimudahkan melalui inovasi digital. Melalui aplikasi SiKasep atau Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan, mencari rumah menjadi semakin mudah. Cukup dengan install aplikasinya, kita dapat menikmati kemudahannya.

SiKasep merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Peluncuran aplikasi SiKasep tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja PPDPP (Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan) yang merupakan Satuan Kerja non Eselon di bawah naungan Kemementerian PUPR. Salah satu tugas PPDPP adalah menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

FLPP sendiri merupakan program bantuan pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat mengakses kredit kepemilikan rumah (KPR). Demi FLPP dapat tersalurkan dengan cepat dan tepat, salah satunya melalui peluncuran SiKasep. Melalui aplikasi SiKasep ini, diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan dapat menikmati fasilitas subsidi dari pemerintah yang melekat pada FLPP

Pada umumnya kita perlu keluar rumah untuk survei lokasi rumah yang kita inginkan, namun dengan menggunakan SiKasep kita dapat melakukan survei ke berbagai tempat tanpa perlu bepergian. Menu “Lokasi Rumah Idaman Anda” yang disediakan dalam aplikasi SiKasep memungkinkan kita untuk mengetahui berbagai alternatif perumahan pilihan dari lokasi yang kita pilih.

Menu yang ada pada SiKasep dapat kita akses setelah kita melengkapi proses regrestrasi yang disediakan. Menu “Lokasi Rumah Idaman Anda” dapat menampilkan peta serta area lokasi dengan dengan catatan GPS yang ada pada smartphone kita telah aktif. Tak hanya peta lokasi, foto-foto terkait pengembangan perumahan dari lokasi yang kita pilih juga dapat ditampilkan melalui menu tersebut.

Penggunaan aplikasi SiKasep juga diharapkan dapat melindungi kepentingan konsumen. Keberadaan pemborong fiktif dikhawatirkan akan merugikan konsumen, khususnya konsumen yang bermaksud mencari rumah.

Aplikasi SiKasep berada di bawah Kementerian PUPR yang memang memiliki wewenang terkait dengan perumahan rakyat. Selain itu aplikasi tersebut telah disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sehingga penggunaan aplikasi ini relatif aman.

Tidak hanya mencari lokasi rumah idaman, masalah pendanaan pun juga terintegrasi melalui aplikasi SiKasep. Program FLPP KPR dapat kita akses melalui menu “Bank KPR FLPP” setelah kita memilih rumah bersubsidi yang kita kehendaki. Pada tahap ini kita dapat memilih bank yang kita inginkan untuk mengakomodasi pengajuan KPR FLPP yang kita inginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN