Mohon tunggu...
Ayu Ardina
Ayu Ardina Mohon Tunggu... Just ordinary girl

Mahasiswi Pascasarjana UGM, Penggiat Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Inovasi Fitur Cardless BCA, Mudahkan Hidupmu melalui Genggamanmu

19 November 2019   16:52 Diperbarui: 19 November 2019   16:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Era digitalisasi mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Telepon genggam atau handphone yang dulu digunakan hanya sebatas alat berkomunikasi, kini telah berubah menjadi multifungsi. Bahkan, hampir semua aktivitas kita terdominasi oleh handphone, mulai dari urusan antar jemput, makan, serta pembayaran tagihan dapat kita akses melalui handphone kita.

Suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup kita. Saat bepergian, lantas dompet dan isinya tertinggal bukan menjadi masalah berarti asalkan handphone tetap berada dalam genggaman kita. Pada era ini, isi dompet kita pun telah berpindah melalui aplikasi dalam handphone kita, sehingga kita dapat melakukan transaksi tanpa mengeluarkan uang atau kita kenal dengan cashless.

Transaksi cashless sudah kian banyak digunakan, namun perbankan tetap memegang peranan. Dompet digital yang ada pada handphone kita dapat terisi ketika kita melakukan top up atau isi ulang, salah satu caranya melalui aplikasi atau transaksi yang disediakan oleh bank agar kita bisa tetap bertransaksi melalui dompet digital kita.

Hmm, berarti saat dompet tertinggal, kartu debit harus tetap terbawa dong?  Tentu saja tidak perlu repot-repot membawa kartu debit. Kok bisa?

Bank Central Asia atau kita kenal dengan BCA telah berinovasi melalui fitur cardless. BCA mengajak para nasabahnya menjadi Generasi Simpel melalui fitur tersebut. Fitur cardless dapat diakses melalui BCA mobile, sesuai dengan nama fiturnya tentu kita dapat melakukan beberapa transaksi tanpa menggunakan kartu. Transaksi yang dapat kita akses melalui BCA mobile diantaranya ialah transaksi di cabang tanpa menggunakan kartu, tarik tunai, serta setor tunai.

Kantor Cabang BCA: No Card, No Problem

Pada umumnya saat kita bertansaksi di Bank, kita harus membawa buku tabungan, kartu debit (ATM), serta kartu identitas kita. Namun, melalui fitur cardless dalam BCA mobile kita dapat melakukan transaksi di Kantor Cabang BCA terdekat hanya bermodal handphone kita. Lalu, bagaimana caranya? Tentunya sangat simpel.

Pertama, pastikan bahwa kita telah membawa handphone yang sudah terpasang aplikasi BCA mobile. Kemudian pilih menu "cardless" dan pilih "cabang" melalui aplikasi BCA mobile. Selanjutnya, kita harus memasukkan pin BCA mobile kita untuk memperoleh kode transaksi sebanyak 6 (enam) digit.

Kode transaksi yang telah kita peroleh dapat kita gunakan untuk melakukan transaksi di kantor cabang yang kita pilih. Namun perlu diingat, saat kita datang ke kantor cabang, kita tetap harus menerapkan budaya antre. 

Sama seperti nasabah lainnya, terlebih dahulu kita mengambil nomor antrean serta mengisi formulir sesuai kebutuhan transaksi. Setelah nomor antrean kita dipanggil, kita dapat melakukan transaksi pada teller atau customer service. Kemudian, kita dapat memasukkan nomor telepon yang digunakan untuk BCA mobile serta kode transaksi yang kita peroleh pada pin pad yang tersedia untuk menyelesaikan transaksi.

Mau Tarik Tunai tapi Kartu Tidak Terbawa? Dibikin Simpel Saja!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x