Mohon tunggu...
ayu_n
ayu_n Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Saja Tips Memilih Alat Permainan untuk AUD?

21 Maret 2018   19:06 Diperbarui: 21 Maret 2018   19:20 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum memberikan sebuah mainan haruslah kita mengetahui apa saja yang dibutuhkan anak dalam pertumbuhannya, sebagai fasilitator kita harus selectif dalam memilih alat permainan yang sesuai dengan tumbuh kembang seorang anak, diantaranya :

  • 0-12 bulan
  • Benda-benda yang aman dimasukkan kemulut atau dipegang
  • Karena anak baru bisa menggerakan gerakan reflek misalnya menghisap atau menggengam,
  • Alat permanan yang berupa gambar atau bentuk muka
  • Dibulan ini anak melatih kerja sama antara mata dan telingga jadi disini anak diperlihatkan bentuk muka  atau gambar yang dapat melatih anatar mata dan telinga,
  • Alat permainan lunak berupa boneka orang atau binatang,
  • Dibutuhkan untuk melatih kerja sama antara mata dan tangan umtuk mengembangan aspek motorik dan kognitif,
  • Alat permaina yang dapat digoyangakan dan keluar suara
  • Melatih mencari objek yang ada tapi tidak kelihatan,
  • Alat permainan berupa selimut dan boneka
  • Dapat melatih kepekaan dalam hal peraba.
  •  12-24 bulan
  • Genderang, bola dengan giring giring didalamnya
  • Mencari sumber suara / mengikuti sumber suara disini anak akan dilatih untuk mencari dengan mengunakan indra pendengar selain itu dapat memperkenalkan sumber suara,
  • Alat permainan yang dapat didorong dan ditarik
  • Melatih anak untuk melatih gerakan otot tangan yang mendukung dalam aspek psikomotor,
  • Alat permainan yang terdiri dari: alat rumah tangga misalnya ( cangkir yang tidak mudah pecah, sendok, botol plastik, ember, baskom, air, dll), balok balok besar. Kardus-kardus besar, buku bergambar, kertas-kertas untuk dicoret, krayon/pensil berwarna
  • Melatih anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari dalam bentuk kegiatan yang menarik, selain itu juga akan muncul banyak imajinasi dengan bermain peran.
  • 25-36 bulan
  • Lilin yang dapat dibentuk
  • Menyalurkan sebuah emosi kepada anak, meningkatkan tingkat kecerdasan, menambah wawasan, melatih motorik halus
  • Alat-alat untuk menggambar
  • Mengambangkan keterampilan bahasa, meningkatkan aspek kognitif seseorang, dapat mengolah emosi, ada aspek motorik halus didalamnya.
  • Puzzle sederhana
  • Mengembangkan kecerdasan (memasangkan, menghitung, mengenal, dan membedakan warna),
  • Manik-manik ukuran besar
  • Melatih kerjasama anatara mata dan tangan
  • Berbagai benda yang mempunyai permukaan dan warna yng berbeda-beda
  • Melatih daya imajinasi seorang anak karena anak sangat lihai dalam berimajinasi
  • Bola atau benda yang berbentuk bulat
  • Mengembangakn kemampuan membedakan permukaaan dan warna yang berbeda.
  • 32-72 bulan
  • Macam-macam benda dari sekitar rumah, buku bergambar, majalah anak-anak, alat gambar dan tulis, kertas untuk belajar melipat, gunting, air, dan lainya.
  • Membedakan benda dengan perabaan, menumbuhkan suportivitas, mengembangkan imajinatif, mengembangkan koordinasi motorik ( melompat, memanjat, lari, dll), memperkenalkan pengertian yang bersifat ilmu pengetahuan, seperti pengertian mengenai terpung dan tenggelam
  •  mengembangkan kemampuan mengontrol emosi, motorik halus dan kasar.
  • Teman-teman bermain : anak sebaya, orangtua, orang lain diluar rumah
  • Mengembangkan sosialisasi atau bergaul dengan anak dan orang diluar rumah, mengembangkan kemampuan mengontrol emosi, motorik halus dan kasar, memperkenalkan suasana kompetensi, gotong royong.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun