Setelah saya terjun melakukan observasi di salah satu TK dikota Malang, saya tahu bahwa setiap anak mempunya kemampuan yang berbeda-beda
diantaranya:
Pengamat karakter siswa dan siswi sudah didik dengan baik, dengan bukti apa? Disana ada satu siswa yang sangat tempramen, dan teman-teman juga memahami kalau dia lagi marah teman-teman akan memahami dan tidak menggangu dia untuk sementara waktu. Kalau bukan dari didikan seorang guru manamungkin teman-teman akan mentoleransi temanya yang lagi dalam keadaan marah.
Mereka juga mempunyai motivasi belajar yang tinggi, anak-anak selalu datang tepat waktu, apabila guru sedang mengintruksikan kepada anak-anak, dengan cepat anak-anak mengerjakan yang telah dicontohkan oleh guru tersebut. Mereka juga memperdalam ilmu agama yang telah diajarkan dengan kebiasaan mulai dari smart kids atau , anak-anak juga mayoritas sekolah sesuai dengan umur mereka, tetapi ada 1 anak yang seharusnya sudah kelas dasar tapi masih dikelas B.
Kreativitas juga terlihat ketika mereka dapat mengalihkan persoalan ke persoalan lain tanpa menyinggung perasaan temannya. Anak mempunyai tingkat kreativitas yang berbeda. Ada anak yang dengan cepat mengerjakan tugas yang diintruksikan dengan guru dan juga ada siswa yang sangat lama untuk mengerjakan tugas yang sudah dintruksikan oleh guru.
Adapun sikap anak-anak menerima pelajaran berbagai macam kurang lebih ada 1-3 anak belajar lebih sering tanpa bantuan orang lain baik itu guru atau temannya, dan untuk yang lain masih membutuhkan bantuan atau bimbingan dari seorang guru atau temannya, karena dari bebrbagai siswa pasti bermacam-macam dalam hal sikap menerima pelajaran.
Ya mungkin sekian yang dapat saya share dan terimakasih