Mohon tunggu...
Ayu Mulyani
Ayu Mulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran

23 Oktober 2020   16:00 Diperbarui: 23 Oktober 2020   16:29 115 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran
manajemen sistem informasi

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi semakin hari kian pesat. Hal ini tentu berdampak pada kegiatan masyarakat sehari-hari. Adanya sistem informasi dapat membantu mempermudah aktivitas masyarakat mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan masih banyak lagi bidang-bidang yang memanfaatkan sistem informasi dalam kegiatannya.

Sebuah sistem informasi juga perlu diatur dalam pengoperasiannya. Maka dari itu, penting adanya sebuah manajemen sistem informasi. Bicara tentang manajemen sistem informasi, artikel ini akan membahas hal tersebut mulai dari pengertian, manfaat, unsur-unsur, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran. Untuk itu, yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Pengertian Manajemen Sistem Informasi

Tahukah kamu apa itu manajemen sistem informasi? Banyak ahli yang mengemukakan definisi dari manajemen sistem informasi. Namun pada artikel kali ini saya akan memaparkan pengertian manajemen sistem informasi menurut 3 ahli yaitu Stoner, George M. Scott, dan Ais Zakiyudin.

Menurut Stoner, manajemen sistem informasi adalah sebuah metode formal untuk menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu bagi manajemen yang diperlukan untuk mempermudah proses pengambilan keputusan, dan memungkinkan fungsi-fungsi dari manajemen seperti perencanaan, pengendalian, dan operasional organisasi dapat dilaksanakan secara efektif. 

Menurut George M. Scott, manajemen sistem informasi adalah sekumpulan sistem informasi yang saling berinteraksi, yang memberikan informasi baik untuk kepentingan operasi atau kegiatan manajerial (George M. Scott, 1997: 69).

Menurut Ais Zakiyudin dalam bukunya bahwa, suatu manajemen sistem informasi menggambarkan ketersediaan suatu rangkaian data yang cukup lengkap yang disimpan agar dapat menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pembuatan keputusan dalam suatu organisasi (Ais Zakiyudin, 2011: 15).

Dari penjelasan ketiga ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen sistem informasi adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

2. Manfaat Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran juga memerlukan manajemen sistem informasi untuk mempermudah pelaksanaan pembelajaran dan/atau urusan dalam dunia pendidikan. Manajemen sistem informasi berada pada setiap perilaku organisasi, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan atau pembinaan karena untuk menghasilkan perilaku yang efektif dan efesien harus didukung oleh data dan informasi yang berkualitas mengenai sumber daya yang ada pada suatu organisasi.

Dengan adanya manajemen sistem informasi dalam pembelajaran dapat memberikan berbagai solusi bagi lembaga pendidikan dalam mengelola segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Menurut (Kurniawan, 2013) “Dengan implementasi suatu manajemen sistem informasi ini diharapkan sekolah dapat memperoleh manfaat terwujudnya suatu pusat informasi yang dapat diakses oleh siswa, guru maupun orangtua/wali siswa untuk memperoleh data-data pendidikan yang terkait dengan kewenangannya”. Berikut ini terdapat beberapa manfaat manajemen sistem informasi pembelajaran khususnya dalam bidang akademik:

  • MSI akademik akan membantu lembaga pendidikan dalam mengambil tindakan, mulai dari kebutuhan tenaga kependidikan, hingga informasi jumlah lembaga pendidikan (tingkat dasar, menengah, dan juga perguruan tinggi). 
  • MSI akademik berguna bagi masyarakat dalam mengontrol atau mengawasi semua proses operasional lembaga pendidikan.
  • MSI akademik dapat menyajikan kualitas jasa pendidikan dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Dengan sistem informasi akademik akan membantu lembaga pendidikan dalam mengatur jadwal pembelajaran (bagi dosen/guru), mengatur jadwal pembelajaran (bagi mahasiswa dan peserta didik), dan juga memudahkan dalam mengentri data dan nilai peserta didik.
  • Mempermudah dan menyederhanakan proses administrasi sekolah.
  • Pelayanan terhadap siswa atau pihak lain akan lebih cepat dilakukan 
  • Pelaksanaan manajerial sekolah akan lebih terbantu, baik itu sistem pendaftaran, rencana studi bagi siswa, pengelolaan data perpustakaan, bahkan mengenai keuangan.
  • Mempermudah kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan yang lebih berkualitas.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika menerapkan manjemen sistem informasi dalam kegiatan pembelajaran.

3. Unsur-Unsur Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN