Mohon tunggu...
Ayu Farida
Ayu Farida Mohon Tunggu... Mahasiswa dan Karyawan

Harta, Tahta dan Apa aja

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sumpah Pemuda, Bersatu dan Bangkit Bersama Pemuda Indonesia

28 Oktober 2020   09:32 Diperbarui: 28 Oktober 2020   09:44 370 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sumpah Pemuda, Bersatu dan Bangkit Bersama Pemuda Indonesia
kemenpora.go.id

Kami putra dan putri Indonesia mengaku, bertumpah darah satu, tanah Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia

Sumpah pemuda dirumuskan oleh para pemuda untuk membangkitkan rasa nasionalisme pada saat peristiwa Kongres Pemuda ke-2 di Jakarta tepatnya di Jalan Kramat Raya No.106, yang sekarang telah menjadi Museum Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Pemuda Indonesia tidak hadir begitu saja tanpa darah dan air mata perjuangan. Setelah kemerdekaan Indonesia maka tugas pemuda kedepannya dalam menjaga dan menjalankan perjuangan para pahlawan tidak mudah, seperti yang dikatakan bung karno "perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri". 

Maksudnya adalah dahulu para pemuda berperang mempertaruhkan nyawa, sedangkan sekarang banyak teknologi, informasi, budaya-budaya, keadilan berpengaruh besar dari pemuda Indonesia itu sendiri. Apakah bisa kita menjaga membuatnya lebih maju dalam kedamaian?

Melihat situasi dan kondisi saat ini harus banyak pergerakan dari para pemuda untuk membuktikan masih tersimpan semangat sumpah pemuda. Tidak hanya mengingat pada peringatan hari sumpah pemuda saja tetapi para pemuda perlu mengikrar kembali dengan kondisi saat ini serta melanjut kembali hasil-hasil pembangunan dan melakukan kegiatan yang bermanfaat, belajar dengan giat, memperiangati hari-hari besar nasional dan menunjukan prestasi membanggakan untuk Indonesia.

Pemuda Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar seiring waktu, oleh karena itu harapan emas kepada pemuda Indonesia harus tangguh secara intelektual dan moralis. Karena sekarang intelektual sudah mulai menunjukan wujudnya sedangkan moral masih kurang. Para pemuda harus meningkatkan keduanya karena intelektual harus seimbang.

Mudah-mudahan pemuda Indonesia bisa melakukan segala sesuatu dengan maju serta mempunyai inisiatif-inisiatif baru untuk indonesia maju dari para pemuda seperti yang dikatakan bung karno "Beri kan aku 10 pemuda akan aku guncangkan dunia", hanya dengan pemuda yang bangkit dan bersatu Indonesia akan maju.

Penulis                       : Ayu Farida

Matakuliah               : Kewarganegaraan

Dosen pengampu   : Ilham Hudi, S.Pd., M.Pd

Univesitas Muhammadiyah Riau

VIDEO PILIHAN