Mohon tunggu...
ayu susanti
ayu susanti Mohon Tunggu... Freelancer - freelancer

just share my thought

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hidup Banyak Masalah? Ini 5 Langkah Cara Menyikapinya

1 Desember 2022   21:50 Diperbarui: 1 Desember 2022   22:10 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi-problem solved/canva

Kita sering mengalami kejenuhan, stress, depresi dan masalah lainnya. Ini bukan karena Anda tidak bisa memilih hidup yang lebih baik lagi, tapi karena Anda tidak tahu bagaimana cara menyesuaikan diri dengan masalah-masalah ini.

Sebagian besar dari kita stres, bukan karena kita tidak bisa mengatasi stres, tetapi karena kita tidak tahu bagaimana menyelesaikannya atau mengatasinya. Satu hal yang harus Anda ingat adalah bahwa ada peluang yang tak terbatas, karena pengetahuan tidak terbatas, dan kita dapat menemukan solusi untuk sebagian besar masalah kita. Jika manusia mampu menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi umat manusia di Bumi, kita dapat menemukan solusi untuk semua masalah lingkungan. Ini akan memakan waktu; mungkin berabad-abad, tapi saya yakin bahwa Bumi akan menjadi surga dalam 1000 tahun.

Sekarang saya akan memberitahu 5 langkah mudah untuk mengatasi berbagai masalah yang Anda hadapi saat ini:


1. Cari tahu tentang masalah Anda


Penting untuk memahami penyebab suatu masalah. Memahami apa yang menyebabkan masalah dan dapat membantu Anda menemukan solusi yang mengatasi akar penyebabnya dan bukan hanya gejalanya. Misalnya  masalah yang sering menggangu hidup kita, bisa saja karena masalah finansial, beasiswa atau tidak mendapatkan pekerjaan.  Pada awalnya ada baiknya Anda mengetahui penyebab dari masalah itu sendiri.

Setelah Anda mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, Anda bisa berupaya memecahkannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menetapkan tujuan dan membuat beberapa strategi untuk mencapainya. Pastikan solusi Anda realistis dan pasti bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu.


2. Dengarkan musik yang memperbaiki mood


Anda juga dapat menggunakan musik untuk membantu Anda melewati masa-masa sulit. Saat Anda merasa sedih, mendengarkan lagu yang membuat Anda merasa positif dan bahagia sering kali membantu. Musik memiliki kemampuan untuk mengubah suasana hati Anda, jadi jangan heran jika setelah mendengarkan beberapa track upbeat tiba-tiba semangat Anda terangkat.

Tetapi bagaimana jika pikiran negatif yang mengganggu itu kembali meskipun Anda sudah berusaha sebaik mungkin? Untungnya ada banyak lagu di luar sana yang akan membantu menenangkan saraf Anda dan membuat Anda rileks, tidak peduli seberapa stres atau gelisah yang Anda rasakan pada saat tertentu. Dan jika tidak ada yang berhasil untuk Anda, pasti ada beberapa lagu bagus yang akan membuat hati Anda berdebar.


3. Melakukan jalan kaki 15-20 menit


Jalan kaki 15-20 menit. Kini Anda bisa berjalan kaki selama 15-20 menit setiap hari, beberapa orang mendukung melakukan jalan kaki selama 20 menit. Tidak perlu repot membeli tas kecil dan baju yang mudah dibawa untuk pergi berjalan kaki. Berpakaian seadanya saja sambil ikut mendengarkan musik favorit, atau membaca buku favorit Anda.

Kebiasaan ini akan memberikan efek yang positif bagi tubuh terutama untuk melatih otot leher dan punggung agar lebih tegak, melembabkan pembuluh darah di sekitar tulang belakang, dan membuat tubuh menjadi lebih stabil saat berjalan. Setelah habis jalan beberapa saat lalu Anda bisa merasa senang dan tenang serta nyaman dengan penampilan tubuh yang lebih optimal.


4. Berbagi masalah Anda dengan sahabat terdekat


Masalah yang Anda alami berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Menyampaikan keluhan tersebut secara langsung kepada orang yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun