Mohon tunggu...
Ayu Saptarika
Ayu Saptarika Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Novelis '3 ON 3', BusDev, Traveller, Instagram: @ayuliqui

For writing inquiries DM my Instagram @ayuliqui. Book sell at Kinokuniya Grand Indonesia. E-book '3 ON 3' at Lontara Apps.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ziarah Semarang-Salatiga, Momen Hening Sekaligus Relaksasi

4 Juni 2023   16:30 Diperbarui: 23 Juni 2023   09:42 1261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pertapaan Gedono, Salatiga. (Sumber: Dokumentasi Penulis.)

Bulan Mei adalah bulan yang spesial bagi umat Katolik karena bulan tersebut merupakan bulan Maria. Di negara empat musim, Mei identik dengan musim bunga mekar yang berarti awal kehidupan baru, seperti halnya Sang Bunda yang disebut Bunda dari semua yang hidup - 'Mother of all the living'.

Mengapa Mei disebut bulan Maria? 

Sejarah menuliskan pada tahun 1809 Paus Pius VII ditangkap oleh para serdadu Napoleon dan dipenjara. Di dalam penjara, Paus memohon dukungan doa dari Bunda Maria, agar dibebaskan. 

Paus berjanji bahwa ia akan mendedikasikan perayaan untuk menghormati Bunda Maria jika ia bebas. Lima tahun kemudian, tanggal 24 Mei 1814 Bapa Paus dibebaskan dan kembali ke Roma. Tahun berikutnya ia mengumumkan hari perayaan Bunda Maria. Tradisi ini terus dilanjutkan oleh gereja hingga sekarang. 

Novel karya Paolo Coelho yang berjudul Ziarah (The Pilgrimage, 1987) sangat menginspirasi saya dalam melakukan perjalanan ziarah lebih khusyuk. Dulunya saya hanya ikutan saja berziarah melalui kegiatan sekolah atau bersama lingkungan. 

Lama-kelamaan ada kerinduan melakukannya untuk memupuk iman dan kasih. Selain itu, bagi saya pribadi berziarah turut menguatkan mental serta keyakinan dari beragam terpaan drama duniawi. 

Di dalam negeri banyak tempat ziarah Katolik yang menarik. Mei 2023 saya isi dengan berziarah ke gua-gua Maria di Jawa Tengah, tepatnya Semarang-Salatiga. Selain memberi penghormatan kepada Sang Bunda, saya turut bersyukur dan mohon doa restu dari Sang Bunda agar kehidupan pribadi dapat berjalan baik.

Kebetulan, di bulan Mei 2023 ini saya berkesempatan mengunjungi beberapa gua Maria dan tempat ziarah di Semarang, Salatiga. Lokasinya agak jauh dari pusat kota tapi sangat asri dengan udara sejuk. Tempatnya pun dapat untuk relaksasi menenangkan diri.

Berikut ini lokasi-lokasi ziarah yang saya kunjungi. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat!

1. Gua Maria Rosa Mystica

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun