Mohon tunggu...
Ayu Saptarika
Ayu Saptarika Mohon Tunggu... Business Development, Novelis '3 ON 3', Blogger, Traveler. See more travel photography & video on Instagram: @ayuliqui

Passionate, Adventurous, Art & Music Lover https://maria-ayu.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Saint Petersburg, Kota Artistik yang Menawan Hati

28 Desember 2019   08:00 Diperbarui: 28 Desember 2019   22:01 282 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saint Petersburg, Kota Artistik yang Menawan Hati
Grande Cascade di Peterhof, St. Petersburg. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Saint Petersburg (St. Petersburg) merupakan kota pusat budaya di Rusia. Kota ini merupakan kota terbesar ke-2 setelah Moscow. Pada tahun 1703, Peter The Great (Tsar Peter Agung) menjadikan kota ini sebagai ibu kota negara. Bangunan di kota ini pun dirancang indah oleh para arsitek ternama sehingga selalu menjadi destinasi wisata.

Terdapat sungai Neva yang mengalir di tengah kota beserta kanal-kanalnya di mana bermuara ke teluk Finlandia dan laut Baltik. Lokasi yang strategik ini membuat St. Petersburg menjadi kota pelabuhan utama dan disebut "Jendela ke Negeri Barat dan Jendela ke Eropa."

Pemandangan Musim Gugur Saat Menyusuri Kanal. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Pemandangan Musim Gugur Saat Menyusuri Kanal. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Untuk berkunjung ke St. Petersburg Anda bisa naik kereta cepat Sapsan selama tiga setengah jam dari Moscow. Saran saya, jangan tertidur sebab sepanjang jalan pemandangan rumah-rumah pedesaan Rusia indah sekali. 

Berbeda dengan Moscow yang dipenuhi gedung apartmen yang cenderung kaku. Saya berkunjung ketika musim gugur, penampilan pepohonan yang menguning sungguh memesona.

Berikut ini tujuan wisata di St. Petersburg yang tak boleh dilewatkan!

1. Istana Peterhof

Peterhof. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Peterhof. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Istana Peterhof merupakan tempat peristirahatan musim panas yang dibangun tahun 1709 oleh Peter The Great. Area propertinya diperluas tahun 1714-1756. 

Kawasan ini sangat spektakuler dengan air mancur besar, patung-patung emas, ratusan air mancur kecil di setiap sudut taman. Terdapat museum yang mendokumentasikan tempat yang disebut "Versailles Rusia" ini.

Saat datang, Anda akan disambut air mancur besar "Grand Cascade" yang memiliki taman mozaik di kiri dan kanan. Terdapat patung emas Samson sedang mengalahkan singa sebagai ikon dengan semburan air mencapai 20 meter. 

Taman di dalam area didesain dengan tema berbeda-beda. Dibutuhkan minimal 3 jam untuk menikmati Peterhof. Tersedia mobil untuk berkeliling hingga area dekat teluk Finandia.

Taman di Peterhof. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Taman di Peterhof. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Air mancur Peterhof merupakan salah satu rekayasa teknologi terbaik di tahun 1700an karena belum ada pompa listrik. Penampungan air dibuat di ketinggian sehingga mengalir turun alami ke taman yang luas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN