Mohon tunggu...
Ayu Saptarika
Ayu Saptarika Mohon Tunggu... Business Development, Novelis '3 ON 3', Blogger, Traveler. See more travel photography & video on Instagram: @ayuliqui

Passionate, Adventurous, Art & Music Lover https://maria-ayu.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

7 Kiat Hidup Sehat yang Enak!

21 Agustus 2018   23:40 Diperbarui: 24 Agustus 2018   01:13 0 29 17 Mohon Tunggu...
7 Kiat Hidup Sehat yang Enak!
Ayo hidup sehat! Sumber: www.voj.news

Hidup sehat itu sederhana. Sayangnya, banyak orang masih merasa sulit untuk mewujudkan dan memulainya. Banyak juga yang berkata, hidup sehat itu tidak nyaman karena harus mengonsumsi makanan yang kurang enak di lidah. Padahal, segala sesuatu adalah baik jika tidak dikonsumsi berlebihan dan sehat itu tidak hanya dari segi materi atau jasmani tapi juga spiritual.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah kiat dan kebiasaan yang saya lakukan untuk untuk mewujudkannya dengan cara yang enak. Simak saja!

1. Makan Tepat Waktu

Waktu adalah hal yang berharga sebab tidak bisa diputar balik. Hindari perilaku telat makan atau bahkan tidak sempat makan karena sibuk! Makanlah teratur tiga kali sehari dengan rentang waktu yang tertib, yaitu : sarapan pk07.00-09.00, makan siang pk12.00-14.00, dan makan malam pk18.00-20.00.

Mari makan tepat waktu, steak ini sudah menunggu disantap! Sumber: www.wideopeneats.com
Mari makan tepat waktu, steak ini sudah menunggu disantap! Sumber: www.wideopeneats.com
Sarapanlah sekitar 30 menit setelah bangun pagi. Makan siang dilakukan sekitar 4-5jam setelah sarapan. Untuk makan malam, berhentilah melakukannya minimal 3 jam sebelum tidur sehingga proses pencernaan bisa berlangsung optimal.

Rentang waktu makan yang teratur membantu Anda memperoleh tubuh ideal secara natural. Mau makan apa saja, silahkan! Makan tepat waktu akan membuat mekanisme rasa lapar yang timbul cenderung normal sehingga Anda otomatis tidak mengonsumsi makanan berlebih. Time is money and time is your body!

2. Istirahat Cukup

Istirahat yang dimaksud di sini tidak hanya tidur malam, namun juga istirahat siang. Untuk istirahat malam, disarankan tidur 7-8 jam sehari. Istirahat malam yang cukup bermanfaat membantu memberikan waktu pada sel-sel tubuh untuk beregenerasi sekaligus menghilangkan rasa letih.

Dengan tidur cukup, saat bangun pagi badan terasa segar, mood bahagia, dan wajah terlihat lebih cerah bersinar. Nafsu makan terkendali sehingga terhindar dari keinginan makan berlebih atau jajan.

Lalu bagaimana dengan istirahat siang? Istirahat siang sangat berkontribusi untuk memacu kreatifitas dalam bekerja. Beberapa hal ini bisa dilakukan saat break time untuk meyegarkan pikiran :

  • Hindari makan siang di meja kerja!
    Gantilah pemandangan sehingga tidak melihat komputer dan arsip-arsip bertumpuk di meja yang membuat bosan. Dengan makan di luar ruang kerja, Anda pun tutur menjaga kebersihan dan udara di dalam kantor atau ruang kerja.
  • Hirup udara segar di luar
    Coba cari lokasi di sekitar kantor yang bisa menghirup udara segar. Akan menyenangkan bila kantor Anda memiliki taman hijau. Istirahatkan hidung dan paru-paru dari udara AC. Menghirup udara di alam terbuka dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus.
  • Jalin komunikasi pertemanan
    Setelah sibuk di depan komputer dan minim bicara santai, ada baiknya memanfaatkan waktu istirahat untuk bersenda-gurau bersama para sahabat dan rekan kerja. Berbagi pengalaman lucu maupun keluh-kesah pekerjaan pada sahabat membantu meringankan beban pikiran.
  • Tidur siang
    Bila sempat, coba manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sebentar saja, sekitar 15-30 menit. Meskipun singkat, tidur siang dapat menyegarkan pikiran, menambah konsentrasi, dan membantu mempertajam memori.

Tidur siang sejenak bisa menambah konsentrasi. Sumber: www.dumblittleman.com
Tidur siang sejenak bisa menambah konsentrasi. Sumber: www.dumblittleman.com
3. Kerja Produktif Sesuai Minat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x