Mohon tunggu...
Ayrha Putri
Ayrha Putri Mohon Tunggu... Communication Student// Bogor Agricultural University✨

"your future depends on what you do today." -mahatma gandhi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Parung Farm Si Kunci Pemasok Sayur Segar untuk Retail dan Restoran Ternama

3 Maret 2020   12:12 Diperbarui: 20 Mei 2020   15:56 1179 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Parung Farm Si Kunci Pemasok Sayur Segar untuk Retail dan Restoran Ternama
Selada Keriting

PARUNG- Berkunjung ke kebun penghasil sayuran segar hidroponik dan organik merupakan salah satu destinasi yang tak boleh terlewatkan. Dengan berkunjungnya kesini, pembaca jadi tahu ternyata inilah kunci para retail dan restoran-restoran besar mengambil sayuran segar ini berasal. Lokasi kebun ini berada di Jalan Raya Parung no.546 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.

PT Kebun Sayur ini  adalah produsen sayuran hidroponik dan organik dan membuat brand dengan nama Parung Farm. Bermula pada tahun 2003 berawal untuk budidaya sayuran hidroponik, namun karena melihat permintaan pasarnya yang cukup tinggi maka pada tahun 2006  PT Kebun Sayur Segar mulai membudidayakan sayuran organik. Perusahaan ini merupakan produsen sayuran berdaun (Leafy Vegetables) di Indonesia pertama yang memperoleh Sertifikat Organik dari PT Mutu Agung Lestari pada tahun 2010.

Minat yang cukup tinggi membuat perusaan ini memiliki mitra yang cukup banyak juga lahan yang begitu luas yakni dengan lahan lebih dari 3 hektare yang berada di Desa Galudra Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur dan Puncak Bogor dengan luas lahannya 5 hektare.  Terdapat 20 mitra hidroponik yang tersebar di Bogor dan Cianjur, juga 1 mitra organik yang berada di Puncak Bogor. Perusahaan ini juga memiliki mitra konvensional yang tersebar di beberapa daerah kota Bogor, Cianjur, juga Bandung.

Lollorosa Lettuce
Lollorosa Lettuce

Berbagai jenis sayuran di Parung Farm ini sangat beragam mulai dari Hidroponik Leafy hingga Organik Non Leafy juga terdapat di sini. Hidroponik Leafy memiliki berbagai macam jenisnya mulai dari Caisim, Pakchoy Hijau, Pakchoy Putih, Kangkung, Kalian, Petsay, Bayam Merah, Bayam Hijau, Selada keriting, Lollorosa Lettuce, Butterhead lettuce, Romaine Lettuce, hingga Endive Lettuce. Lalu, untuk kategori Hidroponik Nonleafy terdapat tomat TW juga Tomat Cherry.

Beralih ke produk Organik Leafy, Parung Farm memiliki jenis yang juga tentunya banyak diminati para pasaran yaitu Caisim, Pakchoy Hijau, Pakchoy Putih, Kangkung, Kalian, Petsay, Bayam Merah, Bayam Hijau, Selada keriting. Untuk Organik Nonleafy terdapat sayuran seperti Wortel, Brokoli, Sawi Putih, Kol Putih, Jagung Manis, Jagung Muda, Buncis, Kacang Merah, Terong, Oyong, Beetrot, Lidah Buaya, Kacang Panjang, Timun, Kyuri dan Zukini.

Pakchoy Hijau
Pakchoy Hijau

Hasil produksi ini nantinya akan masuk di retail juga beberapa restoran. "Kami mendistribusikan sayuran ini ke berbagai restoran seperti Pepper Lunch, Ikea Alam Sutera, Monami Bakery, Pancious Cafe, dan lain lainnya. Selain itu kami juga masukkan ke retail besar seperti Hypermart, Hero, Ranch Farmers, Foodhall Lion Superindo dan masih banyak lagi", ucap Ketut Adi (27) Marketing PT Kebun Sayur Segar (25/02).

Hasil produksi dari Parung Farm ini dijamin segar dan sehat, karena tentunya Parung Farm ini sudah menjamin produk budidayanya dengan kualitas dan kebersihan yang terjamin. Perusahaan ini tiap tahunnya selalu diaudit oleh lembaga audit seperti Mutu Certification dan Tuv Nord. Sehingga, Parung Farm dapat memegang kepercayaan retail-retail besar juga restoran terkenal untuk memasok hasil produksinya. (ayr)

VIDEO PILIHAN