Mohon tunggu...
Ika Ayra
Ika Ayra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis cerpen

Antologi cerpen: A Book with Hundred Colors of Story (jilid 1) dan Sewindu dalam Kota Cerita

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sedikit adalah Ujian, Banyak adalah Berkah

13 September 2021   08:27 Diperbarui: 13 September 2021   08:29 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi tanaman cabai (foto Nick Artman/unsplash via kompas.com)

Saya sedang memesan gado-gado di warung pinggir jalan. Sesuai urutan, saya mengantri dua pembeli sebelumnya. 

Saya perhatikan gerakan ibu penjual lumayan lamban, dan membuat saya gelisah jadinya. Maklum ia baru berdagang di sini.

Tibalah giliran saya dibuatkan. Saya memesan tiga cabai, untuk dua bungkus. Belakangan saya baru menyadari, untuk dua bungkus gado-gado seharusnya memakai enam cabai. Barulah pedasnya pas.

Ibu bertubuh gemuk ini, tidak saya ketahui namanya. Atau tidak saya temukan spanduk banner di sekitar meja jualannya.

Tak ingin saling diam, saya pun memulai obrolan. 

Mulanya, saya menyinggung singkong yang biasanya terpajang memenuhi meja di sebelahnya. Dua setengah kwintal singkong dengan kualitas sangat baik, biasanya didatangkan sang suami, langsung dari petani di kampung. 

"Lagi kosong, Mbak. Soalnya sekarang musim hujan, susah mencabut pohon singkong..." jelas ibu penjual gado-gado.

Ya, saya tidak menampik. Samarinda dan sekitarnya akhir-akhir ini memang sering dilanda hujan. Beberapa wilayah bahkan mengalami kebanjiran.

"Kalau di Jawa justru kemarau, Mbak," katanya lagi. Saya hanya mengangguk.

"Harga-harga sekarang pada naik," katanya mulai curhat, lalu mengambil sepotong tempe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun