Mohon tunggu...
Ika Ayra
Ika Ayra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis cerpen

Antologi cerpen: A Book with Hundred Colors of Story (jilid 1) dan Sewindu dalam Kota Cerita

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Pentingnya Buku Evaluasi Diri bagi Anak

4 Agustus 2021   16:25 Diperbarui: 6 Agustus 2021   04:36 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang anak menulis buku evaluasi | Sumber: stock.adobe.com/Alena Ozerova

Evaluasi, sederhananya memiliki arti penilaian. Buku evaluasi diri, biasanya ditujukan bagi kalangan profesional seperti halnya guru maupun pejabat.

Gagasan yang tidak disengaja

Buku evaluasi diri, jika saya terapkan kepada anak-anak, mungkin yang terbersit pertama kali adalah saya ibu yang keras. 

Orang yang mendengarnya bisa menganggap saya termasuk ibu yang kejam dan keterlaluan.

Memang benar, tadinya saya juga tidak terpikir untuk meminta anak-anak membuat catatan-catatan dalam sebuah buku tulis. Sampai suatu ketika, mereka membuat saya geram dengan kesalahan yang fatal.

Kekerasan yang dilakukan anak, sekuat tenaga harus dihindari oleh para orang tua. Memberi contoh, memberi pengertian, teguran serta peringatan; menjadi metode parenting yang disepakati.

Tujuan buku evaluasi diri

Ketimbang saya harus berteriak dan memancing sakit pada kepala belakang, saat itu juga saya meminta mereka mengambil sebuah buku kosong.

Si sulung tampak ragu dan takut berdebat | Dokumentasi pribadi
Si sulung tampak ragu dan takut berdebat | Dokumentasi pribadi

Anak tengah suka bertanya apa saja | Dokumentasi pribadi
Anak tengah suka bertanya apa saja | Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun