Mohon tunggu...
Ayom Budiprabowo
Ayom Budiprabowo Mohon Tunggu... Bersyukur dan berpikir positif

Alumni Undip, IKIP Bandung dan STIAMI. Pernah bekerja di SPP Negeri Ladong, Universitas Abulyatama Aceh dan Pemda Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

"I-Fit Serealikan" Wakil Indonesia pada Kompetisi Inovasi Produk Makanan Bergizi Tingkat Asia-Afrika

14 Agustus 2020   15:55 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:32 26 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"I-Fit Serealikan" Wakil Indonesia pada Kompetisi Inovasi Produk Makanan Bergizi Tingkat Asia-Afrika
Gambar. Aneka produk happytaste UKM DMR Kabupaten Sukabumi. Dokpri.

Oleh : Ir. Ayom Budi Prabowo, M.Si *)

Final demo day I-Plan Business Innovation Challenge 2019  menetapkan I-Fit Serealikan produk UKM DMR (Duo Mitra Raya) Kabupaten Sukabumi menjadi juara 1 tingkat nasional. Kompetisi ini telah berlangsung sejak Oktober 2019 dengan jumlah peserta 5 (lima) finalis. Adapun final demo day tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom tanggal 29/7/2020.

Sebelumnya ada 277 proposal  yang masuk ke panitia penyelenggara dari  UMKM dan kalangan lainnya. Kemudian setelah diseleksi tim juri, maka ditetapkan 10 (sepuluh) finalis terbaik yang tampil dalam final pitching day  tanggal 13 Desember 2019 di Jakarta. Dan akhirnya terpilih 5 (lima) finalis tersebut dengan inovasi produk makanan terbaik.

I-Plan Food Design  2019 diselenggarakan oleh Innovation Factory yang diinisiasi Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia. Tema tahun 2019 adalah pengembangan produk makanan siap saji dan siap masak berbahan dasar ikan.

Dengan menyandang juara 1 I-Plan Food Design Innovation Challenge, maka UKM DMR berhak mendapatkan hadiah total sebesar Rp.300.000.000,-  yang digunakan untuk pengembangan usaha. Juga menjadi wakil Indonesia pada kompetisi inovasi produk makanan lokal bergizi tinggi berbahan dasar ikan tingkat Asia Afrika yang digelar bulan September 2020.

Melalui I-plan challenge diharapkan dapat membantu mengurangi masalah stunting dan anemia dibanyak negara berkembang, terutama pada ibu hamil, ibu menyusui, anak usia dibawah 2 tahun dan remaja. Semoga kedepannya makin banyak inovasi produk makanan bergizi tinggi yang terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat (Ravi K Menon, Country Director, GAIN Indonesia).

Sebagaimana paparan Ibu Imelda selaku owner dan  Rani Meldiyani "putrinya", selaku Food Technologist, bahwa I-fit serealikan merupakan minuman instant sereal yang menyehatkan, mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Komposisinya terdiri dari ikan pangasius, oat, susu bubuk, susu kedelai, gula aren, kismis dan jahe.

Berdasarkan analisis sampel produk di laboratorium Sucofindo, diketahui bahwa kandungan proteinnya (28,05 %), zinc (25,92 mg/kg), besi (56,53 mg/kg) dan kalsium (2077,25 mg/kg) sehingga diyakini dapat mengatasi masalah stunting dan anemia.

 I-fit serealikan dipasarkan dengan merek dagang happytaste, unggul karena praktis, efisien, mudah dibawa dan mudah didistribusikan keberbagai wilayah. Disajikan dengan hanya diseduh air hangat 150 ml, diaduk,  dan siap dikonsumsi sebagai asupan nutrisi lengkap pagi hari dan selama beraktifitas.  Rasanya enak,  harganya ekonomis Rp.5.000,-/sachet .  

 Ada tiga varian, yaitu vanilla, ginger dan cinnamon yang dikemas secara modern dan terjamin kualitasnya karena diolah secara  higienis dan telah memperoleh Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) dari KKP, label halal dari MUI dan Nomor Izin Edar (NIE) dari BPOM RI.

Sejak produk ini diluncurkan pada bulan Januari 2020, penjualannya terus meningkat dengan rincian : Januari (50 boks), Februari (700 boks), Maret (1250 boks), April (3500 boks). Hal ini membuktikan bahwa I-fit serealikan bisa diterima konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x