Mohon tunggu...
Ayogia Ayonono Susanto
Ayogia Ayonono Susanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Haloo

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

2022 Tahun Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Indonesia

9 Mei 2022   08:34 Diperbarui: 9 Mei 2022   08:54 1151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pariwasata merupakan salah satu sektor  yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi,karena pariwisata dapat meningkatkan pendapatan devisa,menciptakan lapangan kerja dan dapat menumbuhkan industri sektor pariwisata. 

Dengan adanya wisata bukan hanya meningkatkan ekonomi namun dengan adanya wisata juga dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat karena dapat menampung kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, membuat pengaruh yang besar terhadap sektor wisata karena adanya kebijakan pembatasan perjalan untuk menangani penyebaran pandalemi. sehingga berdampak langsung terhadap pendapatan dan penghidupan masyarakat.

Namun di tahun 2022 pandemi sudah berkurang sehingga wisata bisa di buka kembali dengan mematuhi protokol kesehatab.Di tahun 2022 ini Sandiaga Uno sebagai mentri pendidikan dan ekonomi kreatif mengungkapkan bahwa  Indonesia memiliki tren positif dalam perjalanan dan pariwisata global,dengan pertumbuhan tahunan sebesar 130 persen. 

Sehingga bisa disimpulkan bahwa sektor wisata bisa dipulihkan kembali untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Wisata biasanya banyak pengunjung dimana waktu sedang liburan contoh saja lebaran.Sandiaga uno memperkirakan jika pada lebaran tahun ini berpotensi Rp.72 triliun.Menurut sandi,ada dua jenis wisatan yang berkontribusi dalam perputaran uang jumbo tersebut,yakni wisatawan rohali dan wisatawan rojali.

Wisatawan rohali adalah singkatan dari kata rombongan hanya liat-liat.jadi tipe wisatawan ini hanya menikmati pemandangan saja di tempat wisata tersebut. sedangkan wisatawan rojali adalah singkatan dari rombongan jadi beli.jadi wisatawan membeli produk kreatif lokal.

Dengan pernyataan dari Sandiaga Uno bisa dipastikan bahwa sektor wisata sangat bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi aapalagi jika di waktu liburan . agar sektor wisata terus bisa berkempang maka perlu peran pemerintah dan masyarakat dimana pemerintah bisa meningkatkan kualitas wisata dan masyarakat bisa menjaga wisata yang ada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun