Mohon tunggu...
Ayu Bejoo
Ayu Bejoo Mohon Tunggu... Moody Writer

Moody Writer

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Doa Favorit? Ya Doa Buka Puasa

28 April 2021   22:14 Diperbarui: 28 April 2021   22:30 175 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Doa Favorit? Ya Doa Buka Puasa
Source: nusadaily.com

Bulan Ramadan identik dengan ibadah, ketika memasuki bulan Ramadan, seseorang seringkali merasa harus berubah dan berhijrah. Pada bulan Ramadan, kita akan selalu mendengar seruan ayat dan hadis yang sama setiap tahunnya. Wabilkhusus, surah al-Baqarah ayat 183, kiranya kurang afdal beribadah puasa kalau kita tidak mendengar seruan ayat tersebut. Pada ayat tersebut, Allah mewajibkan kepada orang-orang yang beriman untuk menjalankan ibadah puasa ketika masuknya bulan Ramadan.

Bukan hanya dalil-dalil Alquran yang berkaitan dengan puasa, banyak sekali hadis Nabi yang akan kita dengar selama Ramadan berlangsung. Terdapat banyak hadis yang menampilkan keutamaan berpuasa, melakukan ibadah lainnya, juga pahala di surga. Salah satunya ada hadis yang selalu populer, hadis tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasululullah Saw. bersabda:

"Siapapun yang menjalankan puasa selama Ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosanya di masa lalu akan diampuni." (H.R. Bukhori Muslim).

Hadis tersebut dirasa mampu menambah semangat dalam menjalankah berbagai ibadah selama bulan puasa.

Dari banyaknya dalil-dalil yang berkaitan dengan puasa, saya suka doa-doa yang sejenisnya. Pada tiap harinya selama tiga puluh hari puasa, doa-doanya berbeda. Semisal hari ini tadi, Ramadan hari ke 16, doanya ialah:

Allhumma waffiqn fhi limuwfaqatil abrr wa jannibn fhi murafaqatal asyrr wa win fhi birahmatika il dril qarri blhiyyatika y ilhal 'lamn.

Serta kebetulan pada malam ini memasuki malam ke-17, di mana akan lebih banyak doa yang harus kita baca, guna mendapatkan kerahmatan malam nuzulul Quran.

Namun, yang menjadi doa favorit saya adalah doa yang simpel, yang dihapal oleh setiap umat muslim, dari yang muda sampai yang tua, doa yang masyhur dan selalu dibaca ketika berbuka puasa, yaitu doa berbuka puasa yang merujuk pada hadis Abu Daud nomor 2357, sebagai berikut:

"Allahumma lakashumtu wabika amantu wa'ala rizqika afhartu birahmatika yaa arhamar rohimiin."

Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu jua aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Maha Pengasih

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x