Mohon tunggu...
Wahyu Hidayati
Wahyu Hidayati Mohon Tunggu... w_ayu_hidayati

Dosen Fakultas Farmasi Dan Sains, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA). Alumni Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman (Sarjana) Dan alumni Program Magister Ilmu Biomedik, FKUI. Saat ini sedang menempuh studi Program Doktor Ilmu Biomedik, FKUI.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Keluargaku Alumni Covid-19 (Part 1): Anakku Positif

21 November 2020   07:00 Diperbarui: 22 November 2020   18:59 1847 16 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keluargaku Alumni Covid-19 (Part 1): Anakku Positif
Gambar oleh Andre Santana dari Pixabay

Bulan Oktober ini merupakan bulan yang paling meninggalkan kesan mendalam bagi keluarga ku, khususnya aku. Bulan ini bulan kelahiranku dan di bulan ini aku harus menerima bahwa empat Anggota keluarga ku terinfeksi virus SARS-Cov-2 dan menjadi pasien Covid-19.

Tulisan ini akan terbagi menjadi 2 part, yaitu part-1 tentang anakku yang menjadi pasien Covid-19, dan part-2 tentang orangtua dan adikku. Pada kedua tulisan tersebut aku akan berbagi kisah tentang perjuangan kami dan lingkungan sekitar rumah kami dalam menghadapi Covid-19.

***

Pendeteksian Covid-19 dengan SWAB

Kami sekeluarga (suami, aku, 2 anak laki laki) melakukan swab pada tanggal 4 Oktober 2020 dikarenakan kami pernah berinteraksi dengan adik dan kedua orang tua ku yang dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 30 September dan 2 Oktober 2020. 

Namun hasil SWAB menyatakan bahwa anak kedua ku positif Covid-19. 

Sebetulnya masih banyak masyarakat yang takut dengan pemeriksaan SWAB, entah takut dengan hasil yang keluar atau takut dengan proses pengambilan sampel nya.

Padahal ngga terlalu sakit bagi yang sudah melewati masa balita, karena anak kedua malah senang dengan proses pemeriksaan.

Menurutku sendiri proses pengambilan sampel rasanya seperti telinga saat dibersihkan dengan pembersih kuping (cotton bud).

Saat proses pemeriksaan, petugas hanya membawa sebuah tabung dan dua alat seperti cotton bud namun bergagang panjang, karena sampel akan diambil dari dua wilayah yaitu mulut dan hidung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x