Mohon tunggu...
Arief Satiawan
Arief Satiawan Mohon Tunggu... www.ariefsatiawan.com

aku bukanlah aku.. aku pasti berubah di setiap waktu.. aku berubah untuk menjadi lebih aku

Selanjutnya

Tutup

Mudikcerdik Pilihan

Tiga Aplikasi Smartphone yang Wajib Ada Ketika Mudik Menggunakan Motor

3 Juni 2019   11:00 Diperbarui: 3 Juni 2019   11:25 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tiga Aplikasi Smartphone yang Wajib Ada Ketika Mudik Menggunakan Motor
DOK: pxhere.com/id 

Mudik menggunakan motor memang memiliki banyak resiko. Namun, hal itu tidak menghalangi para pemudik untuk tetap menggunakannya, karena disisi lain mudik dengan motor banyak memiliki keuntungan juga. 

Keuntungan itu antara lain seperti lebih murah, bisa berhenti sejenak di tempat-tempat yang bagus, dan bisa digunakan kemana-mana bila sudah tiba di kampung halaman. Makanya setiap musim mudik, pemudik motor pasti selalu ada. Banyak persiapan yang harus dilakukan bila kamu berencana untuk mudik dengan motor.

 Yang paling utama adalah kesehatan kamu dan motor yang digunakan. Selain itu kamu juga perlu mencermati seluruh trek yang akan dilalui, lalu membawa barang yang tidak terlalu banyak. Semua itu wajib dilakukan agar kamu bisa selamat sampai tujuan.

Kamu wajib mempunyai fisik yang kuat ketika mudik menggunkaan motor. Bila kondisi kamu kurang fit sebaiknya tunda dahulu hingga fit, atau cari moda transportasi lain. Lebih bagus lagi bila kamu mudik berboncengan dengan teman dengan kondisi yang sama-sama fit, jadi bila yang menyetir mulai kelelahan kalian bisa bergantian. 

Selain fisik yang kuat, ada baiknya sebelum mudik kamu menyervice motor kamu terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang terjadi di saat perjalanan. Lalu pastikan kamu memiliki keterampilan mengemudi motor yang baik. Pengalaman mengemudi yang banyak akan sangat membantu kamu ketika menemukan medan jalan yang sulit.

Saya sendiri pernah merasakan mudik menggunakan motor ketika kuliah dulu. Memang tidak sejauh pemudik lainnya yang bisa mencapai ratusan kilometer, saya hanya mudik dari Semarang ke Jogja.

 Kalau tidak salah waktu itu tahun 2012, tahun dimana smartphone belum secanggih dan sebanyak sekarang. Saya mudik ke Jogja bersama teman-teman kuliah yang berdomisili di Magelang-Sleman-Yogyakarta-Gunung Kidul. 

Waktu itu kami bersepuluh mudik dengan menggunakan lima motor.Kami menempuh perjalanan sekitar empat jam, dengan detailnya tiga jam perjalanan dan satu jam istirahat.

 Sebenarnya bisa saja kami tidak istirahat saat itu, namun kami terpesona oleh indahnya alam di Temanggung, sehingga memutuskan untuk berhenti sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan itu. Meskipun cukup melelahkan, namun mudik dengan motor ternyata sangat menyenangkan.

Buat kamu yang berencana mudik dengan motor, ada beberapa aplikasi smartphone yang wajib kamu miliki untuk menemani perjalanan kamu hingga sampai ke tujuan. Aplikasi ini berfungsi untuk mengawal perjalanan panjang kamu, sehingga dapat membantu kamu bila menemui kendala di jalan. Apa saja aplikasi itu, silakan cek dibawah ini :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3