Mohon tunggu...
Arief Satiawan
Arief Satiawan Mohon Tunggu... Konsultan - www.ariefsatiawan.com

aku bukanlah aku.. aku pasti berubah di setiap waktu.. aku berubah untuk menjadi lebih aku

Selanjutnya

Tutup

Segar

Para Pencari Takjil

17 Mei 2018   09:13 Diperbarui: 17 Mei 2018   09:11 1276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diantara berbagai bulan ramadhan yang telah gue lewati, menjalani bulan ramadhan ketika gue mahasiswa adalah yang paling berkesan. Kala itu, gue hidup di perantauan dengan status sebagai mahasiswa dimana uang bulanan adalah hal-hal yang paling ditunggu lebih dari apapun. Uang bulanan adalah harta yang paling berharga bagi seorang mahasiswa perantau. Ya layaknya keluarga di keluarga cemara. Gue rela kalo tengah malam harus ke ATM buat ambil duit doang. Gue juga rela banget bayar parkir ke mas-mas tukang parkir begitu gue ambil uang bulanan di ATM meski gue kesana jalan kaki. Ya. Serisu. Bahkan kalo mbak pacar bilang, "kamu pilih aku apa uang bulananmu?" tentu aja gue pasti bilang dengan mantap "uang bulanan !"

*langsung ditusuk-tusuk*

Secara logika, kalo bulan puasa biasanya pengeluaran pasti berkurang dong yaa. Secara gitu kita jadi makan dua kali dalam sehari, dari yang biasanya tiga kali. Terus juga siang-siang kita gak bisa ngemil-ngemil juga, soalnya ya jelas bakal membatalkan puasa. Kalopun kita pengen makan dan ngemil, paling terbatas di malam hari aja. Itupun cuma bisa beberapa jam aja karena terhalang jam tidur. Tapi entah kenapa, empat kali ramadhan yang gue jalani selama mahasiswa, selalu aja uang bulanan gue cepet bener habisnya. Gue juga gak ngerti kemana aja itu uang. Gue suka mikir yang aneh-aneh soal ini. Jangan-jangan pas gue lagi tidur siang, tiba-tiba gue mengalami sleepwalking, dimana sleepwalking gue itu mengarahkan gue ke warteg deket kosan terus makan siang disana dan setelah selesai gue balik lagi kosan untuk kembali tidur. Makanya gue pernah mengalami beberapa kali kasus pas bangun tidur entah kenapa gue merasa kenyang gitu. Kayak ada manis-manisnya gitu di mulut.  Oouuwww

Nah, dalam mengsiasati pengeluaran uang bulanan yang mistis tersebut, dan memastikan agar uang bulanan itu bisa cukup sampai akhir ramadhan serta gue punya sisa uang buat mudik, akhirnya gue mencari berbagai macam cara agar gue bisa kenyang tanpa perlu mengeluarkan duit. Cara yang paling efektif itu adalah dengan berbuka puasa di mesjid-mesjid yang menyediakan takjil + makanan berat. Yap. Itulah rahasianya kawan... Ajiiiiiiibbbbbb

Di lingkungan kampus gue, ada banyak mesjid yang menyediakan takjil + makanan berat ketika berbuka. Nah syarat agar bisa buka bersama disana cukup simpel. Kita cuma ikut menghadiri kajian yang ada di mesjid tersebut sekitar jam 4 sore. Mudah banget kan? 

Sebenarnya sih kalo kita dateng kesana pas jam buka puasa, kita juga dapet, tapi dapetnya takjil doang. Makanan beratnya engga. Nah kalo kita ikut kajian disana sekalin, kita bakal dapet kupon makanan tuh, dan tau gak guys, makanan beratnya itu enak-enak banget loh. Sesuai kaidah makanan 4 sehat 5 sempurna banget deh.

Gue pun mulai memetakan beberapa mesjid potensial tersebut. Didapatlah 4 mesjid yang sesuai dengan kebutuhan berbuka gue berdasarkan bibit bobot dan bebetnya. Gue pun bikin jadwal dalam sebulan untuk kapan-kapan aja gue bakal ke mesjid-mesjid tersebut. Senin ke Mesjid A, selasa ke Mesjid B, Rabu ke mesjid C dan Kamis ke Mesjid D begitu seterusnya.

Setiap harinya menu buka puasa di mesjid-mesjid tersebut, baik takjil dan makanan beratnya  berbeda-beda. Untuk makanan beratnya pasti antara daging, ayam, ikan dan telur. Sayangnya gue gak punya daftar menu-menu buka puasa di 4 mesjid tersebut, padahal kalo punya bakal ngebantu banget nih. Kalo punya jadwal menunya, Gue bisa mensiasati safari buka puasa gue itu dalam sebulan dengan lauk ayam dan daging coy. Full ayam dan daging sob. Gilaaaaaa... Lemak lemak everywhere. Jadi Kalo mesjid A menunya daging, sedangkan di mesjid B,C,D menunya ikan atau ayam, gue bakal ke mesjid A. Begitu juga sebaliknya. Tapi karena gue gak punya jadwal menu itu, makanya tiap hari gue main feeling aja. Kalo benar ya syukur, kalo salah ya syukur juga aja. Soalnya kalo mau pindah tempat, ya bakal ribet lagi dan pasti gak bakal kebagian. Fufufu

Lucunya, setiap gue mengikuti safari buka puasa di mesjid-mesjid, gue melihat orang-orang yang sama hampir setiap harinya. Bahkan sebagian besar itu ya emang mereka-mereka aja. Beeuuuhhhh ternyata mahasiswa yang berpikiran kayak gue diatas banyak juga ya. Dan dari kasus ini gue jadi mikir kalau ternyata harusnya gak cuma fakir miskin dan anak terlantar doang yang harus dipelihara negara, tapi mahasiswa perantauan juga pak. AHAHAHA

Jujur aja, berburu takjil di mesjid-mesjid gini banyak banget manfaatnya. Selain menolong gue dari penyakit kanker (kantong kering), gue juga dapet ilmu-ilmu baru dari kajian-kajian yang gue ikutin disana. Selain itu gue juga jadi dapet teman-teman baru. Teman yang benar-benar senasib sepenanggungan. Wkwk

Makanya dengan begitu besarnya jasa mesjid-mesjid ini, gue sampe kepikiran buat masukin nama mesjid ini ke halaman persembahan skripsi gue waktu itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun