Mohon tunggu...
asyhari rahman
asyhari rahman Mohon Tunggu... -

Email: rahmanasyhari@gmail.com Telp/WA: 085247274342 Line: ayipito Blog: tulisankl.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Modem MiFiM5: Menjawab Mimpi Saya

21 Oktober 2017   14:17 Diperbarui: 23 Oktober 2017   00:36 1680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saya adalah mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia di Kota Malang. Merantau jauh dari Kalimantan Timur untuk menemukan berbagai ilmu dan pengalaman. Sesuai dengan bidang yang saya ambil, sebagai pewaris budaya dan bahasa lokal saya sungguh perihatin mengetahui fakta penutur bahasa daerah di Indonesia semakin menyusut. Khususnya bahasa daerah saya, yaitu bahasa Paser. Masyarakat Paser berjumlah sekitar 246.000 jiwa dan hanya sekitar 65% dari total tersebut yang masih bisa berbahasa Paser dengan baik. Berbagai langkah telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mulai dari menjadikannya sebagai mata pelajaran tambahan hingga menerbitkan buku kamus. Hanya saja, antusiasme masyarakatnya sangat kurang. 

Sebagai provinsi penghasil bahan tambang, penyebaran sumber daya teknologi dan informasi bukanlah masalah. Dari ibukota provinsi hingga ke desa sudah tersedia dan tersebar secara luas. Contohnya, yang terjadi di Kabupaten Paser tempat asal saya, sudah ter-cover sinyal 4G-LTE. Menyebabkan masyarakatnya menjadi melek teknologi. Dahulu, para pelajar memenuhi perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum untuk mengerjakan tugas atau sekadar mengisi waktu luang. Sekarang perpustakaan nihil pengunjung, karena untuk mencari referensi tugas tinggal geser, waktu luang pun serasa tidak ada karena kesibukan bertambah dengan aktivitas di media sosial. 

Kembali ke masalah  bahasa daerah yang semakin punah, saya berpikir untuk membuat kamus daring berbasis blog. Kenapa berbasis blog? Agar lebih mudah dalam meng-updatekosakata baru dan berdiskusi tentang perkembangan bahasa tersebut. Selain itu, tampilan blog yang sederhana akan memudahkan pengguna teknologi awam untuk sekedar membaca ataupun ikut berpartisipasi dalam pengembangannya. 

Pada bulan September lalu, mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman telah berhasil membuat aplikasi kamus Bahasa Paser-Bahasa Indonesia berbasis android. Bisa diunduh melalui aplikasi playstoredengan nama aplikasi "Kamus Paser". Hanya saja karya tersebut terkesan menjadi terabaikan, karena tidak ada pengembangan lebih lanjut. Kosakata yang disediakan sangat sedikit dan aplikasi ini jauh dari kata sempurna. Kemungkinan karena berbasis aplikasi yang rumit sehingga pengembang hanya menyediakan bahan seadanya. 

Karena itu, saya bertekad untuk mewujudkan mimpi saya menerbitkan kamus daring berbasis blog. Karena dapat diakses bukan hanya melalui smartphone,tetapi juga komputer. Proses pengembangannya pun tidaklah serumit aplikasi, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses pembaruan data. Sebagai mahasiswa dengan mobilitas yang tinggi, saya membutuhkan koneksi intenet cepat dan dapat digunakan dimana saja. Maka saya meminjam ModemMiFiM5milik teman saya, karena mau beli tetapi uang belum cukup. Benar saja, saya sangat dimudahkan dengan alat itu. Komputer dan smartphonesaya bisa berselancar tanpa hambatan secara bersamaan. Proses pembuatan blog saya menjadi sangat terbantukan. 

Hidup di zaman serba teknologi sangatlah menyenangkan. Apapun yang dibutuhkan sudah berada dalam genggaman. Tetapi, tanpa adanya kontrol yang baik, bisa saja hal itu mendatangkan kemalangan. Istilah Live Smart sudah lama muncul di permukaan. Menurut saya, konsep Live Smart hanya dapat disosialisasikan melaui bahasa. 

Bahasa sebagai jembatan pemahaman, bahasa sebagai penyampai makna, dan bahasa sebagai identitas bangsa. Oleh karena itu, saya berusaha mencari jalan untuk melestarikan salah satu bahasa daerah agar identitas sukunya tidak lenyap dilahap waktu. Dengan mengusung tema Live Smart, saya harap tulisan saya ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca. Menjadi bahan pertimbangan untuk mengetahui seberapa smartanda dalam mengolah teknologi digital. Selamatkan identitas bangsa kita, teknologi datang dan terus berkembang, bila tidak smartmengolahnya maka kita hanya menjadi budak teknologi. Salam Live Smart.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun