Mohon tunggu...
MIFTAHUDIN
MIFTAHUDIN Mohon Tunggu... Guru - Berusaha menjadi lebih baik

Guru ganteng yang murah senyum dan suka belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cek Air Accu

5 April 2020   12:39 Diperbarui: 5 April 2020   12:42 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tiba-tiba mau menstarter mobil dipagi hari tidak bisa. Lampu indikator menyala, suara klakson berkurang. Saya coba lagi, masih belum bisa. Akhirnya dicoba pake tenaga dorongan. 

Greng.....alhamdulillah bisa. Seharian dipakai. Masih bisa distarter ketika mobil habis berhenti.
Besoknya lagi, ternyata kambuh. Tidak bisa distarter dan jurus dorong akhirnya dipakai.  

Kayaknya ada masalah di accu mobil. Sebelumnya saya menelfon kakak yang lebih berpengalaman tentang mesin. Saya telfon dan ceritakan masalah yang ada pada mobil. 

Kata kakak saya itu kayaknya masalahnya di accu. Akhirnya saya coba bongkar dan angkat accunya. Saya cek. Ada petunjuk garis upper level dan lower level. Saya goyang-goyang accu nya dan air accu nya berada di bawah garis lower level.

DokPri
DokPri
Saya telfon kakak lagi. Saya ceritakan kondisi accu nya. Kakak menyuruh saya untuk membeli air accu. Akhirnya saya beli dulu 2 botol air accu, per botol harganya 8 ribu. Beli dua sekalian mobil satunya kayaknya air accu nya juga berkurang.

Setelah itu saya buka satu persatu penutup di accu nya. Saya isi air accu nya sampai batas garis upper level disetiap lubang accu nya. Setelah itu saya tutupi semua satu persatu. Satu botol air accu tidak habis, masih ada sisa.

Accu siap saya pasang lagi di mobil. Setelah selesai, sudah siap, maka saya mencoba menstarter lagi mobilnya. Cekrek greng. Alhamdulillah, mesin mobil langsung menyala.

Bagi sebagian sahabat, pasti sudah berpengalaman sudah mahir menghadapi masalah yang saya critakan diatas. Bagi saya ini hal baru, dan otomatis menambah ilmu baru bagi saya.

Semoga berbagi pengalaman saya ini dapat memberi manfaat. Hal kecil sepel, kalau tidak tahu ilmunya maka susah solusinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun