Miftahudin
Miftahudin Kompasianer Brebes

Penulis adalah seorang guru yang suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Tips Lolos CPNS

30 September 2018   14:47 Diperbarui: 30 September 2018   15:11 417 0 0

Tips memilih formasi CPNS :

1. Pilihlah formasi yg sesuai dgn kualifikasi Pendidikan.

2. Sejak 2014 Rekruitmen CPNS bersifat Nasional, artinya Pendaftar tidak dibatasi oleh wilayah dan domisili. Dapat melamar Lintas daerah, Lintas Kabupaten/Kota dan lintas Provinsi tanpa berdomisili di Kab/Kota atau Provinsi tersebut. Pilihlah formasi yg jumlah Kuotanya besar dengan syarat harus siap mengikuti tes di Kab/kota atau Provinsi tersebut.

3. Jangan terpaku melamar suatu Instansi yg Kuota Jurusan Pendidikan kita sedikit, Formasi 1-10 orang akan sulit Lulus CPNS walaupun semua tes Lulus bila kalah di Perankingan Akhir.

4. Jangan berputus asa melihat Kuota hanya 20-30 orang sedangkan yg melamar satu Provinsi atau bahkan Lintas Provinsi.

Sebab Ribuan Pelamar akan berguguran di Seleksi Administrasi, tes SKD dan SKB.

(Formasi 20-30 orang yg melamar dan ikut tes ratusan ribu orang tidaklah Penting , yg penting adalah kita lulus semua tes dan berhasil menembus Ranking 1-30).

5. Jangan berputus asa dengan Paradigma Lokal yg menyatakan ingin jadi CPNS harus mengeluarkan uang puluhan juta sampai ratusan juta , sebab justru yang mengeluarkan Uang Puluhan Juta itulah yg 100% tertipu, Sebab Seleksi dgn Sistem Computer Asisted Test (CAT) pada SKD dan SKB akan Langsung diketahui Nilai Akhirnya di Layar Monitor Komputer setelah 5 Menit Selesai mengerjakan Soal.

(Setiap Peserta Tes CPNS akan Langsung mengetahui Nilainya masing-masing, lulus atau Tidak Lulus Passing Grade. Barulah kemudian di Ranking).

6. Berdoa, berusaha keras dengan sungguh-sungguh, berikhtiar adalah kunci keberhasilan lulus tes CPNS.

(Kelulusan adalah Prestasi kita sendiri, Doa dari Keluarga dan Anugerah dari Sang Pencipta).