Miftahudin
Miftahudin GURU & PayTrener (Kompasianer Brebes)

Penulis adalah seorang guru yang suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Potret Pendidikan di Indonesia

28 Mei 2018   09:04 Diperbarui: 28 Mei 2018   09:50 181 1 0

Selamat pagi kompasiana

Apa saja sih potret pendidikan di Indonesia? Secara garis besar potret pendidikan di Indonesia bisa dilihat dari berbagai segi, diantaranya:

1. Sekolah Negeri

Sekolah negeri dibagi dua yaitu sekolah negeri yang bermutu (terkenal) dan sekolah negeri kurang bermutu. Sekolah negeri yang bermutu biasanya bayarannya mahal (ada tambahan iuran), jumlah siswanya dibatasi, sarana prasanaran lengkap. Akhirnya outputnya banyak yang berhasil. Sebaliknya dengan sekolah negeri yang kurang bermutu, hanya sebatas negeri, sarana prasarana kurang, kadang bayarannya gratis, jumlah siswa berharap banyak, biasanya buangan dari penolakan sekolah negeri yang bermutu. Akhirnya outputnya masih banyak yang kurang bagus.

2. Sekolah Swasta

Sekolah swasta ada yang bagus (bermutu) dan ada yang kurang bagus. Yang bermutu biasanya ada tambahan iuran (mahal bayarnya). Bisa dibilang sekolah ini bisa menyamai dengan sekolah negeri yang bermutu. Sekolah swasta yang kurang bagus, gratis, sarana prasarana seadanya. Outputnya biasa saja.

3. Guru Negeri (PNS)

Guru PNS (sertifikasi juga) maka merekalah pemenangnya. Merekalah yang berbahagia. Gaji pokok buat makan, sepertinya buat beli mobil. Apalagi ada gaji 13 dan THR. Sungguh makmur mereka itu, maka banyak orang ingin jadi guru ( PNS dan Serti). 

4. Guru Swasta

Ada dua jenis guru swasta, yaitu guru yang sudah sertifikasi dan hanya guru honorer (tidak mendapat tunjangan apa-apa). Yang sertifikasi bisa dibilang lumayan sejahtera. Walau cairnya tidak tiap bulan, tapi besarnya bisa menutupi hutang. Guru yang Non serti, perbanyaklah berdoa dan bersabar.

5. Murid

Jadi murid sekarang itu enak. Enaknya apa? 1. Dijamin naik kelas terus 2. Dijamin lulus 3. Mendapat perlindungan (tidak akan ditampar) 4. Mendapat bantuan (siswa miskin)