Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Editor - Penyair Majenun

Author of 'The Geek Got The Girl', 'Rindu yang Memanggil Pulang', 'Kafe Pojok dan Barista tak Bernama' (Antologi Puisi), 'Terdampar dan Cerita-cerita Lain' (Kumpulan Flash Fiction), '2045' (Kumpulan Cerpen) dan 'Bobo Pengantar Dongeng' (Kumpulan Dongeng Kekinian). Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Kantin Cuanki Asli Bandung

7 Januari 2022   21:57 Diperbarui: 7 Januari 2022   22:05 371 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Temen-temen, hayu ah kita ketemuan sambil sosonoan. Ketemuan di Kantin Cuanki Asli Bandung

Waktunya tanggal 7 Januari 2022, bakda Ashar.

Pesan itu muncul di grup WhatsApp alumni kelas SMA kemarin, Kamis, 6 Januari 2022 08.59.  Artinya, kalau aku hadir, dalam waktu kurang dari dua minggu sudah tiga kali nongkrong di sana. Lokasinya di Jl. Pak Gatot II No. 23, KPAD Gegerkalong, Bandung. Kebetulan tak berapa jauh dari rumah.

dok. pri
dok. pri

Konon, cuanki berasal dari merk dagang Tim Sam (dimsum) berkuah, yaitu Bakso Tahu Kuah Choan Kie di wilayah Bandung, diproduksi di kota Cimahi. Choan Kie sendiri mengandung arti rezeki (cuan). Namun, seperti kebiasaan warga Bandung yang kreatip dan inopatip, otak-atik nama jajanan yang merupakan andalan untuk mengganjal perut ini disebut sebagai singkatan dari Cari Uang (dengan) jalAN kaKI, karena dibawa oleh penjaja keliling dengan cara dipikul.

dok. pri
dok. pri

Kantin Cuanki Asli Bandung yang berdiri sejak enam tahun lalu memang selalu ramai oleh pengunjung. Sudah bisa ditebak, pasti selain karena rasanya yang endeus, harganya pasti merakyat.  Dengan kisaran harga makanan antara 15 ribu s.d 21 ribu yang terjangkau untuk kalangan rakjel (alias rakyat jelata). Menu favorit di sini adalah bakso goreng bumbu kacang, mie ayam, yamien, dan cuanki (sudah pastilah!)

Penulis bersama teman-teman alumni kelas SMA (dok. pri)
Penulis bersama teman-teman alumni kelas SMA (dok. pri)

Biasanya dijadikan tempat kumpul komunitas, mulai dari anak sekolahan, mahasiswa kuliahan, ibu-ibu majelis taklim atau grup senam zumba, atau bapak-bapak penggemar sinetron Ikatan Cinta (ini kalau ada, sih).

Karena berada di pertigaan jalan dalam KPAD yang sepi dari lalu lintas kendaraan, tidak sulit untuk mendapatkan tempat parkir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan