Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Editor - Penyair Majenun

Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

8760 Jam

3 Januari 2022   07:24 Diperbarui: 3 Januari 2022   08:01 1238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 31 Desember, dia menyadari bahwa hanya ada 8760 jam dalam setahun, dan dia telah menggunakan hampir seluruhnya. Dia belum pernah menghitung sebelumnya, 24 kali 365, dan dia terkejut bahwa itu tidak menghasilkan angka yang besar. Setahun selalu terasa lama, tapi 8760 hanyalah angka yang biasa saja. Memang empat digit, bahkan empat digit atas, tapi masih bukan angka besar, dan tentu saja tidak cukup besar untuk diperhitungkan.

Sepanjang tahun, saat dia duduk menatap angka-angka di kalkulatornya, tiba-tiba menjadi khawatir bahwa dia tidak menggunakan waktu dengan bijak, dan dia mulai menginventarisasi.

Hal pertama yang dia sadari adalah dia terlalu banyak tidur. Bahkan bukan hanya 8 jam sehari Kalau jujur, banyak akhir pekan yang dihabiskannya dengan tidur, total sembilan atau sepuluh jam. Tapi anggaplah dia tidur delapan jam setiap harinya, 8 kali 365 sama dengan 2920 jam. Hanya 6140 yang tersisa.

Kemudian dia harus mengurangi 8 jam sehari untuk pekerjaan bodohnya. Mungkin 6 jam sehari jika dia memperhitungkan hari-hari libur dan hari-hari dia menelepon atasannya memberi tahu bahwa dia sakit ketika dia tidak ingin masuk kerja. Anggap saja 5 hari seminggu, tetapi hanya menghabiskan 1560 jam dalam setahun. Sekarang diperoleh sisa 4580, empat digit bawah.

Dia merasa perut agak mulas. Hanya 4580 jam? Sepanjang tahun, hanya itu waktu yang benar-benar dia gunakan untuk hal-hal yang penting baginya?

Apa yang telah dia lakukan dengan 4580 jam itu?

Tentu saja makan, salah satunya. Mari kita lihat.

Satu jam untuk makan siang, satu jam lagi untuk makan malam, mungkin hanya setengah jam untuk sarapan. Tetapi dia mungkin harus menambahkan setengah jam lagi untuk camilan dan rehat kopi dan serupanya. Habis 1095 jam untuk urusan perut.

Lalu dia mandi pagi, bercukur dan berpakaian, dan tentu saja dia harus menanggalkan pakaian di penghujung hari. setidaknya setengah jam sehari. Berarti 182,5 jam dalam setahun.

Ya Tuhan! Berapa banyak waktu yang dia habiskan untuk menjelajahi internet? Atau meringkuk di sofa sambil menekan remote kontrol mencoba mencari tontonan yang menarik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun