Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Penyair Majenun

Author of 'The Geek Got The Girl', 'Rindu yang Memanggil Pulang', 'Kafe Pojok & Barista tak Bernama' (Antologi Puisi), 'Terdampar dan Cerita-cerita Lain' (Kumpulan Flash Fiction), '2045' (Kumpulan Cerpen) dan 'Bobo Pengantar Dongeng' (Kumpulan Dongeng Kekinian). Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Menulis Artikel Ilmiah Populer

21 Mei 2021   19:28 Diperbarui: 22 Mei 2021   19:00 736 44 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Artikel Ilmiah Populer
ilustrasi membuat artikel ilmiah populer di perpustakaan. (sumber: SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Sains dan masyarakat awam adalah dua dunia yang kerap berada berjauhan satu sama lain dan. Beberapa ilmuwan percaya bahwa profesi mereka adalah tentang melakukan eksperimen di lingkungan yang terkendali. 

Ternyata bukan itu. Mengkomunikasikan apa yang mereka kerjakan adalah tanggung jawab yang sebenarnya-terutama bagi mereka yang dituntut untuk itu.

Untuk menjembatani kesenjangan tersebut, Salah satu cara adalah dengan para ilmuwan menulis artikel ilmiah populer untuk diterbitkan di majalah dan surat kabar. 

Artikel-artikel yang bertujuan memberi tahu pembaca di luar bidang ilmu yang terakit tentang wawasan dan penemuan ilmiah baru.

Bagaimana menulis artikel ilmiah populer yang menarik? 

Artikel yang bagus adalah ketika dibaca maka tidak bisa ditinggalkan sebelum selesai. Perlu diingat saat menulis artikel ilmiah populer adalah, pembaca yang dituju bukanlah seorang ahli. 

Artinya, pembaca harus menganggap artikel Anda menarik untuk dibaca. Tantangan berikutnya adalah bagaimana mempertahankan minat pembaca hingga akhir artikel.

Berikut adalah beberapa tip dan teknik untuk menulis artikel ilmiah populer yang baik:

1. Ajukan pertanyaan yang tepat 

Mulailah menyusun ide Anda dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan: apa? di mana? kapan? bagaimana? mengapa? dan siapa? 

Ketika Anda tahu apa yang ingin Anda sampaikan dan mengapa, maka kemudian yang harus dilakukan adalah menyusun inti ide terlebih dahulu dan mengembangkannya. Selalu bertanya pada diri sendiri apa tujuan Anda menulis. 

Jika Anda memiliki niat yang jelas, Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk membuat artikel yang efektif.

sumber: worldofweirdthings.com
sumber: worldofweirdthings.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN