Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Editor - Penyair Majenun

Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Di Rumah Saja

7 Mei 2020   19:43 Diperbarui: 7 Mei 2020   19:42 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aku dan istri di rumah saja, yang bagi seorang pria, berarti memperhatikan hal-hal yang sebelumnya tak luput dari pandangan. Misalnya, aku jadi tahu bahwa ada tiga puluh satu ekor cicak yang merayap di dinding dan langit-langit.

Bahwa jika aku fokus maka aku dapat membedakan suara mereka satu sama lain, bahkan mungkin memahami artinya.

Aku juga jadi terampil mengencangkan semua sekrup dan baut yang kendur: baik itu sekrup gagang panci, pegangan pintu sampai mur dan baut pintu garasi. Sekrup dan mur yang hilang atau berkarat kubeli penggantinya lewat toko daring. Tiga kali salah ukuran, tapi hasilnya aku semakin ahli dalam hal sekrup, mur dan baut.

Dengan cekatan aku melepaskan sekrup dan menggantinya dengan yang baru, kemudian meletakkan yang lama berbaris terbalik di kusen jendela ruang kerja.

Memandang ke luar jendela, gerombolan rumput meninggi bagai rimba perawan tak tersentuh program pencetakan sawah baru.

Besok saatnya membetulkan tombol-tombol saklar lampu yang terbalik. Aku belum tahu sampai kapan harus begini. Hari ini hari Kamis, yang berarti di ruang keluarga istriku sedang berdiri di atas kepalanya, yang dia pelajari dari guru yoga di pusat kebugaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun