Mohon tunggu...
Rizky Purwantoro S
Rizky Purwantoro S Mohon Tunggu... Lainnya - pegawai biasa

Membaca, mengkhayal dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hikayat Dua Ratu Hebat dari Pesisir Jawa Tengah

9 Desember 2022   22:02 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:08 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar dari mediamengajar.com

Alkisah ada dua ratu hebat dari zaman yang beda namun tempat yang sama. Mereka wanita namun dapat menggentarkan dunia yang biasanya didominasi kaum adam.

Keduanya bukan kakak beradik, bukan pula ibu dengan putrinya, rentang waktu di antara mereka terlampau jauh, sekitar 800 ratus tahun berselang. Entah apakah apakah sang ratu pertama merupakan nenek moyang ratu yang kedua, karena itu perlu kajian yang mendalam.

Yang pertama adalah Ratu Shima yang berkuasa sekitar 674-695 M, beliau menjadi pemuncak dari kerajaan Kalingga, yang diperkirakan berpusat di pesisir Jawa Tengah.

Sedangkan yang kedua adalah Ratu Kalinyamat yang periode kekuasaanya berkisar 1549-1579 M, beliau ialah penguasa kesultanan Kalinyamat, yang lokasinya di Jepara saat ini.

Jika Ratu Shima dikenal sebagai ratu yang adil dan tegas, dibuktikan dengan banyaknya catatan sejarah mengenai integritasnya memimpin, sehingga sampai pernah menghukum anaknya sendiri karena tidak sengaja melakukan perbuatan melanggar hukum.

Maka Ratu Kalinyamat, adalah ratu pemberani yang disegani musuh-musuhnya, terutama Portugis. Karena pada era kekuasaannya, negerinya yang kecil itu tapi sanggup melaksanakan ekspedisi militer beberapa kali dalam rangka menghadapi negara sekuat Portugis.

Jarang sekali ada suatu kawasan yang pernah menyediakan pentas terhadap beberapa tokoh legendaris, meskipun jarak waktu mereka berlainan.

Apakah kawasan ini memiliki magis tersendiri, ingat dua tokoh wanita ini bukanlah yang terakhir, masih banyak lagi tokoh wanita lain yang mengukir tinta emas sejarahnya di kawasan pantai utara Jawa ini, salah satunya adalah Kartini, sang pejuang emansipasi wanita negeri ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun