Mohon tunggu...
Zaudah Muhammad Awwad
Zaudah Muhammad Awwad Mohon Tunggu... Foto/Videografer - MAHASISWA

42321010026 - Dosen pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - Desain Komunikasi Visual

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TB 1- Menerapkan Berpikir Positif dan Komunikasi Efektif

25 September 2022   22:41 Diperbarui: 28 September 2022   18:39 467 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

nama : zaudah muhammad awwad 

nim : 42321010026

Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

UNIVERSITAS MERCUBUANA 

https://ar.javamem.com/gallery/orang-berpikir-positif
https://ar.javamem.com/gallery/orang-berpikir-positif

1. Memahami Berpikir Positif Berpikir adalah kegiatan psikologis internasional dan terjadi ketika seseorang menghadapi masalah (problem) yang perlu dipecahkan. Dengan demikian, dalam berpikir, pemahaman yang satu dihubungkan dengan pemahaman yang lain untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang muncul (Soemanto, 1998:31).

Wasty S mengungkapkan bahwa berpikir merupakan proses dinamis dimana berpikir memiliki tiga tahapan yaitu pembentukan pemahaman, pembentukan opini dan pembentukan keputusan. Berpikir dapat diartikan sebagai kegiatan pribadi yang ditujukan untuk memecahkan masalah (Dakir, 1999:68). Ada banyak definisi berpikir, termasuk Plato yang berpendapat bahwa berpikir berbicara dari hati. Menurut Solso (1988:78), berpikir adalah proses penyajian ide-ide baru yang dibentuk oleh perubahan bentuk melalui pengetahuan dalam interaksi penuh ide-ide yang ditambahkan ke keputusan, abstraksi, penyederhanaan alasan, imajinasi dan pemecahan masalah. Berpikir juga merupakan proses internal, yang kehadirannya dapat dilihat dalam perilaku.

Penjelasan di atas adalah gambaran berpikir positif berdasarkan pendapat para tokoh dan para ahli Definisi berpikir positif dalam arti yang sebenarnya Para psikolog mengatakan bahwa berpikir positif adalah metode motivasi yang biasanya digunakan untuk meningkatkan sikap dan mendorong pertumbuhan diri. . Secara sederhana berpikir positif adalah kegiatan berpikir yang kita lakukan dengan tujuan untuk menciptakan dan membangkitkan aspek-aspek positif dalam diri kita, baik berupa potensi, semangat, tekad, dan kepercayaan diri kita (Arifin, 2011:18

Berpikir positif adalah kemampuan untuk berpikir, mengevaluasi pengalaman dalam hidup Anda sebagai bahan berharga untuk pengalaman lebih lanjut dan melihatnya sebagai proses hidup yang harus diterima. Peele menemukan bahwa orang yang berpikir positif mencapai hasil positif dan orang yang berpikir negatif mencapai hasil negatif (Peale, 2006: 135).

Dari pengertian umum yang diberikan di atas, dapat disimpulkan bahwa berpikir positif adalah kegiatan mental yang dilakukan dengan tujuan untuk membangun dan membangkitkan aspek-aspek positif dari diri kita atau berupa potensi, minat, tekad, dan kepercayaan diri dalam bekerja. perasaan, perilaku. dan telah menjadi objek dan sistem pemikiran yang membimbing dan membimbing seseorang untuk meninggalkan hal-hal negatif yang dapat melemahkan semangat perubahan dalam jiwanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan