Mohon tunggu...
Adrian Wonoto
Adrian Wonoto Mohon Tunggu... -

Seseorang.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jokowi Akan Menang 53,04%

16 Juli 2014   02:05 Diperbarui: 18 Juni 2015   06:13 569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jokowi-JK 53,04%

Prabowo-Hatta 46,95%

Itulah prediksi saya akan kemenangan Jokowi atas Prabowo. Margin di 6,09%.

Pertanyaan berikutnya adalah, dari mana saya dapat angka tersebut?

Jelas saya tidak punya ilmu gaib. Mimpi pun tidak, mendapat wejangan pun tidak. Apakah saya sembarangan saja mengambil angka? Tentu tidak. Angka diatas sebenarnya terlalu fantastis; berani sekali saya memprediksi sampai dua angka desimal, sesumbar bukan? Tapi yah, tentu saja ada yang namanya margin of Error.

Di tulisan saya sebelumnya (Survei, Quick Count, dan Siapa Yang Menang), saya memprediksikan Jokowi-Prabowo di 52,75% - 47,25%. Di artikel itu saya tidak tuliskan dari mana angka itu saya dapat, tapi sebenarnya mudah sekali: Dari 7 lembaga survei yang hasilnya sudah saling setuju (8 lembaga survei yang memenangkan Jokowi minus Populi),  itulah rata-ratanya.

Tapi tentu saja masih ada margin of Error nya. Saya tuliskan 0,5% karena rata-rata survei itu berarti menggunakan tidak hanya 2.000 TPS, tetapi 16.000 TPS akumulasi total data dari ketujuh survei tersebut (semua 2.000 TPS kecuali SMRC dengan 4.000 TPS).  Jujur, margin of Error 0,5% itu saya sembarangan saja sebut - intinya saya cukup yakin nilai akhir ada diantaranya.

kawalpemilu dot org

Hari ini, saya menemukan website kawalpemilu.org, dimana saya kutip, "Data di situs ini berasal dari scan form C1 yang dipublish oleh KPU dan didigitisasi dengan bantuan relawan." Dan dengan catatan, "Website ini adalah bukan website resmi KPU dan angka bukan merupakan perhitungan resmi dari KPU."

Menariknya, website ini terus di update setiap 10 menit, seiring dengan masuknya suara yang sudah di proses. Jadi saya sudah mengutak-atik angka berdasarkan data pada jam 15.00 WIB dan 17.00 WIB, dan hasilnya untuk saya cukup memuaskan untuk memastikan angka diatas.

Pada pukul 17.00 WIB. Data yang masuk adalah 100.406.301 suara (dari perkiraan 130 juta). Pada saat itu, hasil penghitungan adalah  47,91% Prabowo dan 52,08% Jokowi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun