Mohon tunggu...
Awebe
Awebe Mohon Tunggu... mari menyemai kebaikan bersama

hidup memaknai menjalani belajar dan terus belajar untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

DLH Kab. Tegal Sinergi dengan Komunitas Serta Kampus pada Acara Wold Cleanup Day

18 September 2020   11:44 Diperbarui: 18 September 2020   11:47 39 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
DLH Kab. Tegal Sinergi dengan Komunitas Serta Kampus pada Acara Wold Cleanup Day
Dok. pribadi

World Cleanup Day (WCD) menjadi  gerakan yang mensinergikan komunitas dengan instansi Pemerintah Daerah. Seluruh pihak yang ada terjalin dalam satu keutuhan untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan dalam pengelolaan sampah dan pengelolaan lingkungan agar lebih bijaksana.

WCD yang pada awalnya diinisiasi pertama kali oleh organisasi masyarakat di Estonia, yang biasanya disebut Let's Do It, digelar pertama  pada tahun 2008. Setelah sepuluh tahun perjalanan, gerakan ini diikuti oleh banyak negara lain dan menjadi cikal bakal lahirnya WCD didunia untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah secara serentak didunia.

Kegiatan WCD di Kabupaten Tegal direncanakan dilaksanakan di Desa Balaradin. Menurut Kepala Dinas DLH  Muchtar Mawardi, SKM. Kegiatan kali ini melibatkan banyak komunitas dimasyarakat dan juga beberapa kampus disekitar Kabupaten Tegal dan kota Tegal diantaranya Fakultas Teknik Universitas Panvcasakti Tegal, Instisut Agama Islam Bakti Negara dan STIKES Bhamada, dengan harapan selesainya kegiatan WCD akan berlanjut pada kerjasama dan sinergi untuk kegiatan lain.

Menurut leader WCD kabupaten Tegal Nurul Rizki Amali kegiatan WCD pada tahun ini dimulai dengan pre event acara WCD pada tanggal 12 September 2020 dengan bentuk kegiatan GOES bersama menggunakan sepeda. Pada kegiatan ini  sepanjang rute perjalanan  para peserta memungut sampah yang ditemui sepanjang perjalan, karena masih dalam masa pandemi Covid-19 kegiatan ini dibatasi dengan mengikutkan peserta dari masing-masing perwakilan. Sedangkan kegiatan puncak acara dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 19 September 2020 di Taman  Edukasi Balaradin Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Acara dimulai dengan Senam Pagi bersama, Kelas Edukasi, Clean Up bareng Bupati, timbang hasil clean dan acara ditutup dengan kunjungan peserta WCD ketaman Edukasi desa Balaradin.

VIDEO PILIHAN