Mohon tunggu...
Wahyu Ali J
Wahyu Ali J Mohon Tunggu... Penulis - Bebas

Life Path Number 11 [08031980]

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Dengan Membaca

14 Februari 2021   20:42 Diperbarui: 14 Februari 2021   21:29 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Dengan membaca, saya bisa lebih mengenal seluk-beluk seputar dunia olahraga. Salah satunya sepakbola, di mana Leo Messi pun Cristiano Ronaldo hingga saat ini masih jadi tokoh utama.

Dengan membaca, saya bisa lebih memahami tentang apa itu fiksiana. Membaca karya-karya sastra, baik itu berbentuk novel, cerpen, ataupun puisi, akan bisa terpetik makna.

Dengan membaca, saya bisa lebih intens menelusuri jejak-jejak budaya bangsa. Bukankah sejarah itu perlu untuk diketahui juga? selain mengenai shahih tidaknya, juga untuk mengetahui tentang jalan ceritanya, yang membuat budaya ataupun sejarah tersebut kemudian tercipta, dan dipelihara hingga kini yang entah akan sampai kapan bisa terjaga pun tetap sarat makna.

Dengan membaca, saya merasa jadi bisa menemukan pola. Apakah itu pola tentang menulis yang sebaiknya harus bagaimana, ataupun pola lainnya yang misal akan ada hubungannya dengan seputar dunia kerja.

Dengan membaca, saya secara perlahan jadi bisa menemukan. Misalnya, salah satunya menemukan kata-kata yang mengandung frasa yang sekiranya akan mampu menggoda, atau menemukan hal lainnya yang akan bisa memperkaya kadar wawasan saya, sebagai salah satu penghuni dunia beserta apa saja isi pun gejalanya.

Oh ya, setelah membaca, saya berupaya tidak lupa untuk sebentar saja mencoba menutup mata. Merasakan apa yang bisa dirasakan, memahami apa yang bisa dimengerti, lalu menyiapkan diri untuk menanamkan dari setiap apa yang teringat, yang terbaca, di pikir juga hati, yang mungkin saja memiliki filosofinya sendiri.

Oh ya, mengenai membaca, menurut saya sih cakupannya cukup bahkan sangat luas juga lho. Kan ada yang tersurat, ada juga dong yang tersirat. Kan ada yang terlihat, ada juga yang tidak terlihat. Kan ada membuka yang kemudian terbuka, selain bisa juga ada yang sangat mungkin menutup mata.

Oh ya, saya mencoba juga untuk mulai terbiasa, berdoa terlebih dulu sebelum membaca. Kan harus bisa menjaga yang sebaiknya terjaga, kan mungkin saja saya akan sampai ke satu titik tertentu, yang garis besarnya adalah salah baca ketika membaca.

Salam sehat selalu
Bandung, 14 Februari 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun