Mohon tunggu...
Wahyu Ali J
Wahyu Ali J Mohon Tunggu... Penulis - Bebas

Life Path Number 11 [08031980]

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sense of Humor

19 September 2020   15:59 Diperbarui: 19 September 2020   16:01 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Pixabay.com


Kepekaan humor (sense of humor) adalah kemampuan seseorang dalam merespon, mempersepsikan dan mengekspresikan suatu kejadian dengan melihat sisi hiburan, kesenangan, tertawa, candaan dan sejenisnya. Individu yang memiliki sense of humor dapat mengembangkan pemahaman diri dan memandang dirinya secara realistik.
(24 Jul 2019 www.kajianpustaka.com)

Saya baru tahu sekitar lima tahun yang lalu. Ada seorang kawan yang bilang, "Asli bro'... ketawa itu bisa membuat raut muka berolahraga lalu mewujud awet muda."

Saat itu saya nggak percaya, hanya bisa tertawa semampu saya mendengar petuah bijaknya. Plus kaget juga, karena dia kemudian menarik lengan saya. Diajaknya saya ke kamar, disuruhnya saya bercermin.

"Coba ketawa lagi." Ujarnya, dan saya nurut-nurut saja.

"Tuh kan, terpancar aura lebih muda." Ujarnya lagi, sambil tersenyum dianya.

Semenjak saat itu, lima tahun yang lalu hingga detik ini, saya jadi rajin ketawa. Rajin juga bercermin setelah saya ketawa, dan memang benar, setidaknya saya kelihatan enam bulan lebih muda dari usia saya yang sebenarnya.

"Lumayan kan ya, dampak positif dari rajin ketawa lalu bercermin selama lima tahun terakhir ini, membuat saya menjadi seorang Bapak yang masih ada sedikit unsur mudanya."

Hikmah dari semua ini sebenarnya bukan sebatas awet muda atau nggaknya sih. Lebih ke bahwa "Sense of humor" itu memang salah satu yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja.

Setiap dari kita butuh hiburan sekali waktu. Bisa dengan cara tertawa atau cukup tersenyum manis. Bagian terpentingnya adalah menjaga stabilitas keadaan pikiran dan perasaan agar sehat dan lega adanya.

Coba juga deh telusuri beberapa quotes tentang "Sense of humor". Atau coba buat sendiri beberapa quotes yang memang ada unsur geli yang menggelikan, lucu yang bisa menyegarkan pikiran. Iseng-iseng saja membuat quotes, anggap saja hiburan.

"Sabtu seru malam minggu. Jangan buru-buru berburu, lebih baik asah dulu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun