Mohon tunggu...
Ridwan Ali
Ridwan Ali Mohon Tunggu... Freelancer

Menulis adalah hobi yang menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Momentum yang Terjadi Setahun Sekali

23 Mei 2020   17:22 Diperbarui: 23 Mei 2020   17:22 15 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Momentum yang Terjadi Setahun Sekali
Dokumen pribadi


Hari kemenangan... itulah hal yang ditunggu para pejuang kebaikan yang menjalani ujian perjuangan di kisahuntukramadan yang akan bernilai kemenangan, dari hasil perjuangan dan pembuktian kualitas seorang pribadi selama berjuang satu bulan lamanya.

Para pejuang yang berupaya melaksanakan apa yang wajib menurut keyakinannya, dan menghindari hal apapun yang bisa membuat perjuangannya batal tanpa nilai yang akan menjadi bentuk amal.

"Amal untuk siapa? Untuk memenuhi kebutuhan diri yang memang benar-benar berjuang menunaikan kewajiban yang diyakininya sesuai titah-Nya pun aturan-Nya sepanjang ramadan yang durasinya hanya satu bulan saja."

Ramadan adalah bulan yang tak biasa berlabel istimewa. Ending yang lalu akan kembali ke beginning setelah ramadan, adalah Idul Fitri. Kembali menuju titik awal yang semestinya akan jauh lebih baik dari tahun ini yang sedang dijalani, juga di tahun-tahun sebelumnya yang telah terlewati, yang mungkin saja diri sebagai pribadi... terlalu banyak merugi di tahun-tahun yang telah dilalui.

Hari kemenangan... itu akan menunjukkan bahwa bulan ramadan yang penuh kemuliaan, akan berganti menjadi bulan Syawal. Bulan Syawal yang alangkah baiknya dimulai dengan saling bermaafan sebagai bentuk toleransi juga silaturahmi dengan siapapun, dan tentunya sebagai bentuk kasih sayang... " Berupaya, berikhtiar... saling mengasihi menyayangi tanpa secuilpun sisi kurang terpuji yang tertanam didalam hati seorang insani terhadap siapapun."

Hari kemenangan... hal yang pasti terjadi di detik kesekian atas ijin-Nya. Namun sebelum hari tersebut datang berkunjung untuk memberi isyarat bahwa bulan ramadan akan segera berlalu, alangkah baiknya bila diri sebagai pribadi bercermin, lalu bertanya terhadap diri sendiri... "Inikah salah satu kemenanganku tahun ini? Sudah lebih baikkah aku dari sebelumnya? Tak sia-siakah perjuanganku selama satu tahun ini? Berhasilkah puasaku selama satu bulan ramadan tahun ini?... dan mungkin saja ada aneka rupa bentuk pertanyaan yang lainnya yang melintas di pikiran, yang disadari oleh hati."

Semoga Idul Fitri 2020 yang akan berkunjung sebentar lagi... bisa menjadi salah satu bentuk rezeki tersendiri yang bisa dirasakan oleh hati yang senantiasa berupaya mensyukuri apapun yang terjadi. Pun tentunya, akan senantiasa berupaya sadar diri, mawas diri... sebagai bentuk introspeksi, dari apapun yang menjadi kekurangan diri sebagai pribadi di setiap episode hari yang akan diarungi yang akan dimulai saat ini, detik ini, menjelang dan setelah bersua dengan idul fitri 2020 ini. "Aamiin Allahumma Aamiin..."

"Salam sehat salam hangat penuh hormat raih berkat yang sejatinya memang bernilai manfaat tanpa pekat..."

Ridwan Ali 24052020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x